Desain Perancangan Rumah Tinggal 2 Lantai di Baruk Surabaya Desain Perancangan Rumah Sakit Tipe C di Grati Pasuruan

Yaniar, Nyoman Apristhi Putri (2017) Desain Perancangan Rumah Tinggal 2 Lantai di Baruk Surabaya Desain Perancangan Rumah Sakit Tipe C di Grati Pasuruan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3216111008-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3216111008-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview

Abstract

Rumah tinggal merupakan cerminan karateristik penghuninya. Untuk itulah, setiap rumah tinggal memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri yang tidak bisa disamakan dengan rumah tinggal lainnya. Dilatarbelakangi pekerjaan yang sibuk, Pak Cecep dan istrinya menginginkan sebuah rumah tambahan yang terletak di sebelah barat rumah lamanya untuk memberikan ruang tambah bagi keluarganya di saat liburan. Keluarga kecil ini menyenangi nuansa rumah yang teduh sejuk dengan taman tropis yang mengelilinginya, serta mengingini sebuah kolam renang yang dapat ‘mendinginkan’ rumah mereka. Tidak hanya itu, dengan hobi travelling, beliau sering mengumpulkan barang barang antik dari luar negeri yang kemudian dipajang secara spontan di bagian dalam rumah. Dengan konsep fengshui yang melekat, desain ini berusaha untuk memberikan sebuah ruang berkumpul bagi keluarga yang nyaman dan berintegrasi dengan rumah lama di sebelahnya dengan menonjolkan karateristik pengguna. Rumah sakit merupakan fasilitas yang penting untuk masyarakat. Untuk itu, dengan desain yang telah dirancangan oleh Bapak Ir. Salatoen, sangatlah penting untuk memperhatikan system perpipaan, listrik, dan finishing pada bangunan sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna fasilitas ini. Detail desain yang dirancang merupakan dua masa bangunan dengan ketinggian dua lantai dan berada di antara masterplan rumah sakit yang telah dibangun sebelumnya. Selain mengedepankan aspek kenyamanan dan keamanan, desain ini juga memperhatikan aspek berkelanjutan yang diterapkan dalam pemilihan sistem bangunan dan sistem pada rencana tapaknya. =================================================================
House is actually a reflection of its user characteristic. Therefore, every house has their own characteristic and soul that could not compare to other house. With extremely hard working background, Mr. Cecep and his wife want an extension of their house for giving their family more space in holiday when they are coming. This small family wants a shady and cool house with tropical garden and swimming pool. They also love to travel and collect unique things from many countries and later will hanged or shown in their house. With fengshui concept, this design tries to create a family area that comfortable and also integrated with the old house next to Baruk House. Hospital is an important facilities for society. Because of that, this type c hospital that already been designed by Ir. Salatoen, need to be cared of for their plumbing, piping, electricity, and also finishing so that the users will feel comfortable and safe. This detailed design is about 2 masses of building with 2 floors and located in the middle of masterplan of built hospital. Other than put the comfort and safety for the priority, this design also focus on sustainable aspect that applied in the building systems.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rumah, Urban, Fengshui, rumah sakit, detail desain, sustainable
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: Nyoman Apristhi Putri Yaniar
Date Deposited: 31 Oct 2017 06:10
Last Modified: 08 Mar 2019 03:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45522

Actions (login required)

View Item View Item