Analisa Akurasi Pengukuran Kapasitansi dengan Metode De Sauty Bridge, Induktansi dengan Metode Hays Bridge dan Resistansi dengan Metode Owen Bridge pada Laboratorium Listrik dan Otomasi Sistem Perkapalan

Farissandi, Lutfi (2017) Analisa Akurasi Pengukuran Kapasitansi dengan Metode De Sauty Bridge, Induktansi dengan Metode Hays Bridge dan Resistansi dengan Metode Owen Bridge pada Laboratorium Listrik dan Otomasi Sistem Perkapalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4215105020_Lutfi Farissandi_Theses.pdf] Text
4215105020_Lutfi Farissandi_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rangkaian bridge adalah jenis sirkuit listrik di mana dua cabang sirkuit yang biasanya di rangkai secara paralel satu sama lain yang di jembatani oleh cabang ketiga dihubungkan antara dua cabang pertama di beberapa titik menengah sepanjang rangkaian. Jembatan itu awalnya dikembangkan untuk tujuan pengukuran laboratorium dan salah satu poin bridging menengah sering disesuaikan ketika begitu digunakan. Sirkuit jembatan sekarang telah banyak digunakan pada berbagai aplikasi baik linear dan non-linear, termasuk dalam instrumentasi, penyaringan dan konversi daya. Pengukuran dan ketelitian dapat ditingkatkan dengan menggunakan apa yang dinamakan rangkaian jembatan (bridge circuit), yang digunakan dalam berbagai penerapan untuk pengukurab tahana, induktansi, dan kapasitansi, baik dalam keadaan stedi maupun dalam keadaan transien. Rangkaian hays bridge, owen bridge, dan de sauty bridge merupakan rangkaian yang digunakan sebagai salah satu metode pengukuran suatu kapasitansi, induktansi, serta resistansi dari sebuah peralatan listrik. Karakteristik dari jembatan owen ini dapat digunakan untuk mengukur nilai resisatansi dari generator dengan range mulai dari 600 VA sampai 30 KW dengan prosentase eror yg sangat kecil dengan rata-rata eror 0.006%. Akurasi rangkaian de sauty bridge terbilang akurat dengan nilai presentase eror 0.006 %, juga menjadi salah satu karakteristik dalam pengukuran nilai kapasitansi motor lainnya dengan spek dibawah 30 KW.
============================================================================================
The bridge circuit is a type of electrical circuit in which two branches of circuits are usually connected in parallel to each other which is bridged by the third branch connected between the first two branches at some intermediate point along the circuit. The bridge was originally developed for the purpose of laboratory measurements and one of the intermediate bridging points is often adjusted when so used. Bridge circuits have now been widely used in a variety of applications both linear and nonlinear, including in instrumentation, filtering and power conversion. Measurement and accuracy can be enhanced by the use of so-called bridge circuits, which are used in various applications for gauging, inductance, and capacitance, both in stedi and transient states. The hays bridge, owen bridge, and de sauty bridge circuit are used as a method of measuring capacitance, inductance, and resistance of an electrical apparatus. Characteristics of the owen bridge can be used to measure the resistivity value of generators ranging from 600 VA to 30 KW with a very small percentage error with an average error of 0.006%. Accuracy of de sectional bridge series is accurate with erase 0.006% percentage value, also become one of characteristic in measuring other motor capacitance value with spec under 30 KW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.37 Far a
Uncontrolled Keywords: bridge circuit, pengukuran teknik, resistansi, kapasiansi, induktansi, measurement technique, resistance, capacitance, inductance
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Lutfi Farissandi .
Date Deposited: 16 Jan 2018 04:56
Last Modified: 16 Jan 2018 04:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45562

Actions (login required)

View Item View Item