Pengaruh Tekanan Injeksi pada Motor Diesel Direct Injection Terhadap Kinerja dan Nox Berbasis Eksperimen

Nugraha, Sigit Prasetya (2017) Pengaruh Tekanan Injeksi pada Motor Diesel Direct Injection Terhadap Kinerja dan Nox Berbasis Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.

[thumbnail of 4215105016-Undergraduate_Theses.pdf] Text
4215105016-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Poses penginjeksian atau proses pencampuran bahan bakar dengan udara pada ruang bakar sering kali menjadi penyebab ketidak sempurnaan proses pembakaran. Dengan melakukan penyetelan baut penyetel pada nozzle dengan tujuan meningkatnya tekanan penginjeksian yang akan berpengaruh terhadap proses pembakaran. karena dengan adanya tekanan pembukaan dan pengabutan yang tepat atau sempurna akan dapat menghasilkan pembakaran yang optimal didalam silinder motor. Menaikan tekanan penginjeksian merupakan salah satu proses dalam menyempurnakan pembakaran yang terjadi sehingga dapat menurunkan kosumsi bahan bakar dan kadar polutan yang terjadi. Konsep penelitian ini adalah bagaimana menginjeksikan jumlah bahan bakar yang sama tanpa harus merubah durasi waktu injeksi. Cara yang ditempuh adalah dengan meningkatkan tekanan injeksi bahan bakar. Mesin yang dipakai adalah SHANHAI R180, mesin dihubungkan dengan generator kemudian diberi beban hingga 5000 watt, kemudian mesin dijalankan dengan menggunakan variasi RPM, beban dan tekanan penginjeksian. hasil penelitian ini menunjukan Ketika tekanan penginjeksian sebesar 150 bar terlihat perbedaan bahwa dengan meningkatnya performa motor diesel ditunjukkan pada daya torsi dan juga bmep pada RPM 1800-2200 dimana grafik trend masih terus meningkat. Tetapi pada tekanan 150 bar SFOC mengalami kenaikan. Namun, ketika dilakukan pengurangan tekanan pada 130 bar performa pada motor diesel mengalami penurunan dibandingkan dengan performa pada tekanan standart yaitu 140 bar. Dengan Penambahan tekanan penginjeksian pada 150 bar kadar emisi NOx yang dihasilkan pada motor diesel dapat berkurang hingga 0,37 g/kWh (21,5%). Secara garis besar kadar emisi motor diesel pada tekanan 150 bar sudah memasuki TIER 3. Sedangkan pada tekanan 130 bar kadar emisi mengalami kenaikan tetapi masih dalam batas yang diizinkan oleh TIER 2.
=============================================================================================
Injection or injection blades of fuel with air in the combustion chamber are often the cause of incomplete combustion processes. By adjusting the adjusting bolt on the nozzle with the aim of increasing the injection pressure which will affect the combustion process. Because with proper and perfect opening and filling pressures will be able to produce optimal combustion inside the motor cylinder. Increased injection pressure is one of the processes in refining the combustion that occurs so as to reduce fuel consumption and pollutant levels that occur. The concept of this research is how to inject the same amount of fuel without having to change the duration of the injection time. The way taken is to increase the fuel injection pressure. The machine used is SHANHAI R180, the engine is connected to the generator and then given the load up to 5000 watts, then the engine is run by using variations of RPM, load and injection pressure. The results of this study show When the injection pressure of 150 bar seen the difference that with the increase in diesel motor performance shown in torque power and also bmep at RPM 1800-2200 where the trend graph is still increasing. But at the pressure of 150 bar SFOC increased. However, when reduced pressure on 130 bar performance on the diesel motor decreased compared to performance at a standard pressure of 140 bar. With the addition of injection pressure at 150 bar NOx emission levels generated on the diesel motor can be reduced to 0.37 g / kWh (21.5%). Generally, the emission level of diesel motor at 150 bar pressure has entered TIER 3. While at 130 bar pressure emission level has increased but still within the limit allowed by TIER 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: injektor, performa motor, konsumsi bahan bakar, NOx, performance, fuel consumtion
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: sigit prasetya nugraha
Date Deposited: 11 Oct 2017 05:01
Last Modified: 03 Jan 2018 04:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45606

Actions (login required)

View Item View Item