Analisa Aplikasi Flettner Rotor Pada Kapal Kontainer 4000 Dwt Dalam Upaya Penghematan Bahan Bakar

Hermansyah, Dimas (2017) Analisa Aplikasi Flettner Rotor Pada Kapal Kontainer 4000 Dwt Dalam Upaya Penghematan Bahan Bakar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100103_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4211100103_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Flettner rotor merupakan salah satu teknologi pemanfaatan energi alam yang dapat digunakan pada kapal. Di Indonesia teknologi flettner rotor ini masih jarang untuk penggunaannya pada kapal. Teknologi flettner rotor ini berbentuk silinder panjang, terpasang diatas dek kapal secara vertikal, dan berputar menggunakan motor listrik. Alat ini memanfaatkan tenaga angin dan mengaplikasikan efek magnus untuk menghasilkan gaya dorong. Flettner rotor ini sangat berpengaruh pada kondisi angin di laut. Oleh karena itu, sebelum melakukan tahap perancangan, dilakukan survei terhadap kondisi angin pada jalur pelayaran yang akan dilalui. Apabila pada jalur pelayaran tersebut memungkinkan untuk digunakan flettner rotor, maka tahap perancangan untuk teknologi ini dapat dilakukan.
Dalam tugas akhir ini akan membahas tentang optimasi dimensi flettner rotor pada kapal kontainer 4000 DWT dalam upaya untuk penghematan bahan bakar. Dari hasil akhir dari tugas akhir ini bisa didapatkan dimensi flettner rotor pada kapal container 4000 DWT yang optimal untuk penghematan bahan bakar.

=====================================================================================

Flettner rotor is one of the natural energy utilization technology that can be used on ships. In Indonesia flettner rotor technology is still rare for use on ships. Flettner technology is cylindrical rotor length, mounted vertically above the deck of the vessel, and a rotating electric motors. This tool utilizes wind power and apply the magnus effect to generate thrust. Flettner rotor is very influential on wind conditions at sea. Therefore, before doing the design stage, conducted a survey of wind conditions on the cruise line that will pass. If the cruise lines that allow it to be used flettner rotor, the design phase for this technology can do
In this final project will discuss the optimization of the dimensions of the rotor flettner container ships with DWT 4000. From the final results of this thesis can be found on the rotor flettner dimensions container ship with DWT 4000 that is optimal for fuel saving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flettner rotor, Efek Magnus, Fuel Saving
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: DIMAS HERMANSYAH
Date Deposited: 30 Jan 2018 04:09
Last Modified: 08 Mar 2019 06:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45656

Actions (login required)

View Item View Item