Analisis Pengaruh Variasi Nilai Koefisien Redaman Terhadap Respon Dinamis Suspensi Primer Dan Perancangan Ulang Diameter Orifice Pada Shock Absorber Kereta Api Tipe Ekonomi

Zahro, Dian Riyana (2017) Analisis Pengaruh Variasi Nilai Koefisien Redaman Terhadap Respon Dinamis Suspensi Primer Dan Perancangan Ulang Diameter Orifice Pada Shock Absorber Kereta Api Tipe Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113100060-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2113100060-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kereta api merupakan angkutan penumpang yang mempunyai kapasitas angkut besar, aman, serta kelancaran transportasi dibandingkan angkutan lainnya. Berdasarkan data BPS(Badan Pusat Statistik) tahun 2015, PT. KAI berhasil mengangkut penumpang sebanyak 325,495 juta orang. Meningkat sekitar 17% dibanding tahun sebelumnya. Dengan meningkatnya peminat pengguna kereta api tersebut, perkeretaapian di Indonesia masih harus dikembangkan di masa mendatang. Sebagai transportasi dengan durasi perjalanan relatif panjang, kebutuhan akan kenyamanan dari kereta api itu sendiri menjadi sangat penting. Salah satu cara untuk meningkatkan performa sistem suspensi dari kereta api yaitu memodifikasi dimensi sistem peredam primer yang ideal untuk kereta api.
Dalam penelitian tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi dari perubahan parameter yang ada pada sistem suspensi primer kereta api dengan memvariasikan nilai koefisien redaman dan memodifikasi diameter orifice pada sistem suspensi tersebut terhadap gaya redam dan respon dinamis dari penumpang pada sistem seperempat kendaraan kereta api. Simulasi dilakukan dengan menggunakan software MATLAB frekuensi input
sinusoidal sistem suspensi divariasikan dari 0.5 Hz hingga 2 Hz dengan kenaikan setiap 0.5 Hz.
Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa respon displacement yang dialami sistem suspensi hidrolik dengan penggunaan konstanta redam 92.871 Ns/m paling baik untuk semua variasi frekuensi. Perpindahan RMS dan percepatan RMS sistem kendaraan dengan variasi konstanta redam 92.871 Ns/m juga paling baik diantara variasi lainnya. Pada sistem suspensi hidrolik, perubahan variasi diameter orifice mempengaruhi besarnya gaya redam. Variasi diameter paling kecil menghasilkan nilai gaya redam yang paling besar. Selain itu, variasi diameter 2,155 mm paling cocok untuk dipasangkan pada sistem kendaraan kereta api dengan penggunaan konstanta redam 92.871 Ns/m
=================================================================
Train is a public transportation which has large capacity, save, and no traffic compared to another transportation. Based to BPS (Badan Pusat Statistik) data on 2015, PT. KAI success carrying passengers as many as 325, 495 million people. Increase up to 17% compared to previous years. As the passengers increases , train sector in Indonesia must be improved in the future. As transportation with long duration trip, the necessary of train comfortable become important. One of the way to increase the suspension system performed of train is modify the dimension of primary damper which ideal to the train.
In this final project, it does modelling and simulating the parameter variance which on the primary suspension of train with varying the damper coefficient and modifying the orifice diameter on the suspension system toward damping force and dynamic response of passengers on quarter train modelling. This simulation does with using MATLAB. Sinusoidal Input frequency of suspension system is varied from 0.5 Hz until 2 Hz with frequency increase every 0.5 Hz.
The research shows that the best damping coefficient is 92.871 Ns/m as shown from the displacement response of hydraulic suspension system for all frequency variations. Its RMS displacement and RMS acceleration are the best compared to the other damping coefficient variations. In hydraulic suspension system, the orifice diameter variance affects the value of damping coefficient. The smallest diameter variance has the largest damping coefficient. Moreover, 2.155 mm diameter variance is the most suitable for trains with 92.871 Ns/m damping coefficient.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Respon Dinamis, Parameter, Sistem Seperetmpat Kereta Api, Sistem Suspensi Hidrolik, Dynamic Response, Parameter, Quarter Train, Hydraulic Suspension System
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zahro Dian Riyana
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:52
Last Modified: 08 Mar 2019 03:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45881

Actions (login required)

View Item View Item