Analisa Pengaruh Konfigurasi Fin Pada Stern Terhadap Kemampuan Hydro-Acoustic

Wahyudi, Robi (2017) Analisa Pengaruh Konfigurasi Fin Pada Stern Terhadap Kemampuan Hydro-Acoustic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4113100045_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kapal selam modern memiliki tingkat kebisingan yang rendah,atau lebih dikenaldengan istilah kemampuan hydro-acoustic yang baik. Dalam peperangan tingkat kebisingan menentukan sejauh mana radar musuh mampu mendeteksi keberadaannya, semakin besar kebisingan yang ditimbulkan semakin mudah musuh untuk menganalisa jenis, karakter, posisi,bahkan ukuran kapal selam yang kita gunakan. Oleh karenanya, besarnya kebisingan ini sangat penting untuk dianalisa pada tahap awal desain. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pengaruh konfigurasi fin yang terdapat di depan propeller dengan jumlah daun propeller. Konfigurasi fin akan menimbulkan wake yang berbeda, sehingga propeller yang bekerja di daerah wake kapal, akan mengalami fluktuasi beban kerja yang berbeda dan pada akhirnya akan menghasilkan kebisingan yang berbeda. Variasi konfigurasi yang dilakukan yaitu 3,4,dan 5 fin. Dari hasil simulasi didapatkan nilai tertinggi yang terjadi pada konfigurasi 3 fin sebesar 137 dB re 1µPa ,1m. Pada konfigurasi 4 fin sebesar 112 dB re 1µPa,1m., sedangkan pada konfigurasi 5 fin sebesar 132 dB re 1µPa ,1m ======================================================================================================================== Modern submarine has low noise intensity level or also known as good performance hydro-acoustic. In the war, noise determine how the enemy detect us, greater noise value make enemy know more detail information about our vessel, include type, position, characteristic, even up to principal dimension.Consequently, noise become important thing in initial design stage. The purpose of this research is to study effect from configuration number of fin againts to propeller. Fin configuration distrupt flow around hull so in stern of ship this flow become non uniform or known as wake.Propeller working in the wake region, the non uniform flow cause fluctuations on thrust and torque, so generates vibration that produces wave knows as noise intensity level. Variations done with 3 different configuration, consist of 3, 4, and 5 fin. From simulation result obtain that on 3 fin configuration noise level maximum reach 137 dB re 1µPa ,1m, on 4 fin configuration reach 112 dB re 1µPa ,1m , on 5 fin configuration reach 132 dB re 1µPa ,1m

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.825 7 Wah a
Uncontrolled Keywords: Submarine,Wake,Fin Configuration,Hydro-Acoustic
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ROBI WAHYUDI
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:12
Last Modified: 08 Mar 2019 04:00
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/45904

Actions (login required)

View Item View Item