Evaluasi Ledakan MV. Gili Cat II Menggunakan Metode Apollo Root Cause Analysis

Sambuaga, Ricard Diago (2017) Evaluasi Ledakan MV. Gili Cat II Menggunakan Metode Apollo Root Cause Analysis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213101046_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213101046_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persentase tertinggi dari investigasi kecelakaan (2007-Maret 2017) dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) disebabkan oleh kebakaran atau ledakan (38%). MV. Gili Cat II telah meledak 15 September 2016 di pelabuhan Padangbai, Bali. MV. Gili Cat II merupakan kapal penumpang yang melayani penyebrangan antara Pelabuhan Padangbai, Bali sampai Gili Ketapang, Lombok. Terdapat 35 penumpang di kapal pada saat kapal meledak. Dari kecelakaan ini, ada 2 penumpang yang menjadi korban jiwa. Terkait dengan ledakan MV. Gili Cat II, Root Cause Analysis dan pemberian rekomendasi sangat dibutuhkan (terutama untuk sistem kelistrikan dan sistem bahan bakar). Apollo Root Cause Analysis merupakan metode yang digunakan dalam skripsi ini. Metode ini direkomendasikan untuk kejadian / kejadian berdasarkan item yang kompleks dan signifikan tinggi. Rekomendasi pada tesis ini mengacu pada NCVS (Non-Conventional Vessel Standard) Ch.V dan NFPA refueling procedures. Adapun hasil analisis dari ledakan tersebut disebabkan oleh sistem kabel listrik yang buruk, listrik statis di sekitar tangki dan lambung, tidak ada sistem pembumian kapal, ada tumpahan bahan bakar saat mengisi bahan bakar, pipa ventilasi tidak mengikuti standar, dan material yang digunakan tidak tepat, kompartemen di bawah dek tidak kedap udara dan hanya menggunakan pengelasan titik pada MV. Gili Cat II . Rekomendasi berikut yang terkait dengan sistem kelistrikan adalah sistem pembumian harus dipasang, baterai harus terpasang dengan benar untuk mencegah pergerakan baterai terhadap pergerakan kapal. Rekomendasi berikut yang terkait dengan sistem bahan bakar adalah material dari pipa fleksibel menggunakan SAE J 30 atau yang setara, sistem ventilasi harus mengikuti standar, penggunakan pompa yang sesuai untuk mengisi tangki dan dilakukan dengan aman, tangki harus dibumikan, dan mengikuti prosedur pengisian bahan bakar oleh NFPA.

============================================================
======

The highest percentage of accident investigation (2007-March 2017) of National Transportation Safety Committee (NTSC) is caused by fire or explosion (38%). MV. Gili Cat II had been exploded September 15th, 2016 at Padangbai port, Bali. MV. Gili Cat II is a passenger ship that serves from Padangbai Port, Bali to Gili Ketapang, Lombok. There were 35 passengers on board when ship was exploded. From this accident, there were 2 passengers got fatalities. Related to the explosion of MV. Gili Cat II, Root Cause Analysis and giving recommendation is needed (especially for electrical system and fuel oil system). Apollo Root Cause Analysis that used in this thesis. This is recommended for event / incident-based items of complex and higher significance. Recommendation of this thesis is referring the NCVS (Non-Conventional Vessel Standard) Ch. V and NFPA refueling procedures. As the result of the analysis, the explosion is caused by bad electrical wiring system, static electricity around the tank and hull, there is no earthing system of the vessel, there was a fuel spill when refueling, venting pipe was not following standard, and using inappropriate materials, compartment below deck was not watertight and only using a spot welding on MV. Gili Cat II was found. The following recommendations related to Electrical system are earthing system should be fitted, battery should be mounted properly to prevent movement of the battery cause the motion of the vessel. The following recommendations related to Fuel oil system are material of flexible pipe is using SAE J 30 or equivalent, venting system shall be following standard, using an appropriate pump for filling the tank and done safely, tanks should be earthed, and follow the refueling procedures by NFPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MV. Gili Cat II, Apollo Root Cause Analysis (ARCA), sistem kelistrikan, sistem bahan bakar
Subjects: Q Science
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ricard Diago Sambuaga
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:09
Last Modified: 08 Mar 2019 01:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46072

Actions (login required)

View Item View Item