Metabolisme Apartement Peti Kemas

Nasir, Jamal Abdul (2017) Metabolisme Apartement Peti Kemas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3212100103-undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3212100103-undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hunian adalah sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun dewasa ini, hunian menjadi hal yang sangat mahal dan sulit didapatkan karena lahan yang terbatas dan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat. Terutama di area perkotaan seperti Surabaya maupun Jakarta. Hunian vertical menjadi solusi primadona untuk menyelesaikan masalah keterbatasan lahan dan meningkatkan pertumbuhan penduduk di perkotaan. Namun biaya untuk membeli sebuah unit hunian vertical juga tidaklah murah mengingat biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya juga besar.
Istilah arsitektur modular sebenarnya bukan hal baru lagi terkait perihal pembangunan bangunan, bahkan rumah kita sendiri pun mungkin bisa jadi bergaya modular. Setiap merencanakan pembangunan apapun, akan selalu dihadapkan pada masalah dimensi ukuran yang akan dipakai sebagai standard perencanaan. Dimensi ukuran dasar adalah berupa modul dasar yang digunakan sebagai dasar-dasar didalam perencanaan. Sehingga dalam perancangannya, modul dasar ini dapat berkembang menjadi dimensi moduler yang merupakan kelipatan dari modul dasar. Inilah esensi dari arsitektur modular.
Peti kemas adalah bahan yang mudah didapatkan didaerah kota kususnya di dekat pelabuhan. Murahnya untuk membeli peti kemas yang baru daripada mengirim peti kemas ke daerah asal membuat peti-peti tersebut menjadi limbah yang besar dan menumpuk di suatu Negara terutama Negara berkembang yang kebanyakan mengekspor bahan mentah dan tingginya impor barang hasil produksi. Sehingga peti kemas menjadi barang yang murah dan mudah didapat terutama di Surabaya maupun Jakarta Peti kemas memiliki modul yang sama dan presisi, mudah di rangkai.

=================================================================

Residential is something that is very important for human life. Today, however, occupancy is very expensive and difficult to obtain due to limited land and increasing population growth. In airspace such as Surabaya or Jakarta. Vertical occupancy becomes the ultimate solution to solve the problem. The cost to build a vertical residential unit is also cheap and the cheap needed to build it is also great.

The term modular architecture is not a new thing related to the construction of buildings, even our own homes may be modular. Any affix of any development, will always be faced with the problem of the size dimension to be used as the planning standard. The basic size dimension is the basic module used as the basics in planning. In the design, this basic module can develop into a modular dimension that is a multiple of the base module. This is the essence of modular architecture

Containers are easily accessible in the city near the harbor. The cheap to buy new containers to transact containers to the origin of the crate becomes a huge waste and accumulates in a developing country. As soon as containers become cheap and easy to get in Surabaya or Jakarta Containers have the same module and precision, easy to assemble.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 728.314 Nas m
Uncontrolled Keywords: vertical housing, modular, container,hunian vertical, modular, peti kemas
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nasit Jamal Abdul
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:29
Last Modified: 08 Mar 2019 01:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46126

Actions (login required)

View Item View Item