Desain Interior Kapal Navigasi S-126 Untuk Meningkatkan Kualitas Keamanan, Kenyamanan, dan Memenuhi Standard Kode Kapal Yang Berlaku.

Amalina, Muthia Nur (2017) Desain Interior Kapal Navigasi S-126 Untuk Meningkatkan Kualitas Keamanan, Kenyamanan, dan Memenuhi Standard Kode Kapal Yang Berlaku. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3813100057-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf]
Preview
Text
3813100057-UNDERGRADUATE_THESIS.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview

Abstract

Kapal Navigasi (Kapal Perambuan) merupakan kapal yang memiliki tugas mengatur alur lalu lintas laut dan membuka sea way agar dapat dilintasi kapal lain dengan aman. Banyak batasan yang ada dalam mendesain sebuah interior kapal membuat kapal memiliki standar kode kapal yang perlu dipenuhi, salah satunya yaitu; luasan ruangan yang sangat terbatas sehingga perlu diperhatikannya tata letak furniture dan bentuk furniture yang harus terpasang permanen dalam kapal sehingga ruangan dapat digunakan dengan aman walaupun kapal bergerak. Aktivitas yang dijalani ABK cenderung monoton dengan durasi pelayaran yang cukup lama yaitu 3 bulan, selama masa kerja awak kapal tidak memiliki fasilitas untuk mengurangi kejenuhan dalam waktu senggang kurang diperhatikan. Kebisingan dalam kapal juga dapat mempengaruhi kualitas penggunanya, sehingga dinding dalam kapal juga harus memiliki fitur peredam suara sehingga dapat mengurangi kebisingan tersebut, dll. Penerapan desain Useful dan Low-maintenance dapat mensiasati permasalahan dalam interior kapal dari luasan ruang yang terbatas hingga pemilihan material untuk mengurangi kebisingan, dll. Dengan pengaplikasian desain yang sesuai dengan permasalahan dalam kapal akan membantu meningkatkan kualitas hidup penggunanya dari segi keamanan dan kenyamanan.
Interior Kapal Navigasi umumnya tidak memiliki standard desain yang berlaku, sehingga fasilitas yang ada sekarang dapat digunakan dengan baik tetapi kurang layak digunakan untuk jangka waktu yang panjang, selain itu elemen furniture yang digunakan dalam kapal cenderung gampang rusak dan material yang digunakan membutuhkan maintenance yang merepotkan. Oleh karena itu perlu adanya desain untuk meningkatkan standard kualitas keamanan dan kenyamanan, serta pemilihan material dan furniture yang perawatannya mudah. Penerapan konsep Useful dan Low-Maintenance merupakan usaha desain interior untuk meningkatkan kualitas kinerja dan kualitas hidup penggunanya.
Kata Kunci: Kapal Navigasi, Standard Kualitas, Keamanan, Kenyamanan, Useful, Low Maintenance.

================================================================================

Navigation Ship (Beaconing Ship) has responsibilities to managing sea traffic-flows of the sea and opening a sea way for other ship to crossed safely. There are many restrictions in designing a ship, therefore a ship has rules to be adhered, such as; a limitation of spacious room make layouting a furniture and shape of the furniture has to be noticed, because the layout of a furniture in a ship is installed permanently and impossible to move due the vibration and cruised ship, so the room can be used safely and comfortable. Crew ship activities tend to be monotone because the sailing duration is long enough (3 months), during crew ship’s worktime, they are not facilitated with medium to reduce boredom in their leisure time. Noise environtment in ship affected the quality of work performance, so the interior wall of ship has to have sound-absorption feature to decrease the noise, etc. The application of useful and low maintenance design is able to overcome the problem in interior of a ship from limitation of a space room, choosing the right materials, and noise environment, etc. The right design and concept that suitable with the problem will hellp improving life quality of users from safeness to coziness.
Commonly, Interior of navigation ship doesn’t have valid standard of design, so the existed facilities are applicable well to use but not feasible for long-term use, it causing the facilities of the ship has easily-damage potentials. Moreover, the element of furniture that are used in ship tend to easily broken and have a high maintenance materials. Therefore, it needed a design to increase the standard quality of safety and cosiness, choosing materials and furniture with low-maintenance as well. The application of useful and low-maintenance concept is the attempt of interior design to increase quality of work performance and quality life of the users.
Keywords: Navigation ship, Quality Standard, Safety, Coziness, Useful, Low Maintenance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Navigation ship, Quality Standard, Safety, Coziness, Useful, Low Maintenance.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muthia nur amalina
Date Deposited: 11 Oct 2017 01:59
Last Modified: 08 Mar 2019 02:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46293

Actions (login required)

View Item View Item