Analisis Pengaruh Kecepatan, Steering Angle, Ban, dan Kondisi Jalan terhadap Effective Lean Angle dan Perilaku Belok dari Yamaha YZF R25

Al Warim, Ahmad Hilman Firdaus (2017) Analisis Pengaruh Kecepatan, Steering Angle, Ban, dan Kondisi Jalan terhadap Effective Lean Angle dan Perilaku Belok dari Yamaha YZF R25. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112100162-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, perkembangan sepeda motor sport di Indonesia terjadi dengan cukup pesat. Hal ini ditunjukkan dengan digunakannya teknologi Electronic Control Unit (ECU) untuk mengatur sistem pembakaran bahan bakar sepeda motor sport Yamaha V-ixion pada tahun 2007, menggantikan sistem karburator yang ada pada motor-motor sport generasi sebelumnya. Fenomena tersebut juga mempengaruhi perkembangan dunia balap motor Indonesia khususnya di perlombaan kelas sport 250 cc. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan performa pembalap yang terus menorehkan lap time terbaik di sirkuit Sentul pada beberapa event seperti One Make Race (OMR), Indonesia Trackday Series, Indonesia Racing Series, dan Yamaha Sunday Race dalam dua tahun terakhir. Secara tidak langsung, hal tersebut mendorong para pembalap Indonesia untuk terus meningkatkan skill, khususnya saat berada di tikungan yang menjadi momen krusial untuk melakukan overtake. Oleh karena itu, perlu dilakukan sebuah analisis untuk mengetahui pengaruh variabel kecepatan, steering angle, ban dan kondisi jalan terhadap effective lean angle serta perilaku belok sepeda motor sebagai acuan agar pembalap memahami karakter belok dari sepeda motor. Pada penelitian tugas akhir ini, penulis akan melakukan tiga metode analisis, yaitu analisis slip, analisis berdasarkan koefisien understeer (KUS) dan skid dengan beberapa variasi parameter yaitu kecepatan steering angle, tekanan ban, jenis ban dan kondisi jalan untuk mengetahui perilaku belok dari sepeda motor Yamaha YZF R25. Sebelum memulai analisis, akan dilakukan perhitungan untuk menentukan titik center of gravity dari sepeda motor dengan pengendara. Kemudian, variasi steering angle akan dimasukkan ke persamaan radius belok Ackermann yang akan saling terkait dengan parameter kecepatan dalam menentukan besarnya nilai gaya sentrifugal dan effective lean angle. Selanjutnya, Analisis slip, KUS dan skid dapat dilakukan setelah mengetahui parameter-parameter lain yang berpengaruh pada perhitungan gaya-gaya di sumbu x, y, dan z. Setelah dilakukan analisis, diketahui bahwa stabilitias arah sepeda motor yang paling baik didapat ketika Yamaha YZF R25 berbelok pada aspal kering dengan nilai steering angle sebesar 0,10, effective lean angle sebesar 500 (maximum lean angle) dan menggunakan ban radial slick dengan besar Pf = 29 Psi serta Pr = 28 Psi. Ban radial kembangan memiliki perilaku belok yang paling baik saat berada pada Pf = 29 Psi dan Pr = 36 Psi. Saat balapan berlangsung dalam kondisi basah (hujan), kembangan yang ada pada ban berfungsi untuk menyapu air keluar dari bidang kontak antara ban dengan jalan sehingga nilai koefisien gesek bertambah dan ban bisa mencengkram aspal dengan baik. ============================================================================== In last ten years, the development of sport bikes in Indonesia increased significantly. This can be seen with the emerging of E lectronic Control Unit (E CU ) as a fuel control system for Yamaha V - ixion in 2007, replacing the carburettor system. This things influence the development of racing industry in Indonesia too, it’s showed by racers who consistently improving the best lap in recent events at Sentul International Circuit such as One Make Race (OMR), Indonesia Trackday Seri es, Indospeed Racing Series, and Yamaha Sunday Race. Uncircumtantly, this thing makes the racers need to improve their riding skill, specially in cornering skill which is important to do an overtake in a turn. Therefore, it’s necessary to do an analysis the effect of speed ,steering angle, tires and road surface towards effective lean angle and the turning b ehavior so the rider can understand the turn character of the bike. This research will use analysis method based on slip, KUS and skid analysis to determin e the turning behavior of Yamaha YZF R25 with several variation of parameters such speed, steering an gle, tires pressure, tires type and road surface. Before doing the analysis, we will calculate the bike’s center of gravity. Then, steering angle variation will be included as an input for Ackermann turning radius equation which is related with speed varia tion to determine the centrifugal force and the effective lean angle value. iv The slip, KUS and skid analysis start when we’re finished calculate the other forces that work in X,Y, and Z axis. After the analysis is done, it’s known that Yamaha YZF R25 has a best stability when turn in a dry asphalt with the steering angle value is 0,1 0 , the effective lean angle is 50 0 (maximum lean angle), and use radial slick tires with Pf = 29 Psi and Pr = 28 Psi. The radial tires has a best stability when the Pf= 29 Psi and Pr = 36 Psi. The pattern in radial tires is use to sweeps the water outside the contact path between tires and road so the tires will have a better grip.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : effective lean angle, KUS, skid, slip, steering angle, oversteer, understeer.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Hilman Firdaus Al Warim
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:09
Last Modified: 08 Mar 2019 02:01
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/46375

Actions (login required)

View Item View Item