Analisa Dampak Putaran U – Turn Ganda Tanpa Median Kondisi Tidak Terlindungi Terhadap Ruas Jalan Gresik Gadukan Timur Kota Surabaya

Wicaksono, Wisnu (2017) Analisa Dampak Putaran U – Turn Ganda Tanpa Median Kondisi Tidak Terlindungi Terhadap Ruas Jalan Gresik Gadukan Timur Kota Surabaya. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3116040529-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kondisi putaran U pada ruas Jalan Gresik Gadukan Timur Kota Surabaya pada saat ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat jam puncak terutama jam puncak pagi, siang dan sore ada peluang akan terjadinya antrian kendaraan kerena tidak adanya fasilitas lajur antrian. Permasalahan, bagaimana kinerja putaran U untuk ruas Jalan Gresik Gadukan Timur Kota Surabaya pada kondisi tidak terlindung. Pada saat ini (2017) hingga 5 tahun kedepan (2022) Evaluasi putaran U ganda pada kondisi tidak terlindung untuk kondisi saat ini hingga 5 tahun yang akan datang dengan teori antrian. Evaluasi diawali dari pengumpulan data jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, pengukuran data geometrik jalan, survei volume lalu lintas untuk mengevaluasi kinerja putaran U. Berdasarkan hasil evaluasi, panjang antrian (Y) saat kondisi putaran U pada kondisi hari libur lebih kecil dibandingkan pada kondisi hari kerja, dengan Ymax = 0,012 m untuk kondisi hari kerja pada hari rabu, 15 maret 2017 dan Ymax = 0,005 m untuk kondisi hari libur pada hari minggu, 12 maret 2017. Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan juga didapat hasil Ymax lebih kecil pada kondisi hari libur dibandingkan pada hari kerja dengan Ymax = 0,017 m pada kondisi hari kerja dan Ymax = 0.007 m pada kondisi hari libur pada tahun 2022 ====================================================================== The condition of U-turn on Jalan Gresik Gadukan Timur Kota Surabaya at this time does not look problematic at the usual hours, but during peak hour, especially peak hour of morning, noon and afternoon there is a chance of queue of vehicle because there is no queue line facility. Problems, How is the analysis of U-turn for Road Gresik Gadukan Timur Surabaya in unprotected condition. Evaluation of U rotation under unprotected conditions for current conditions up to 5 years to come with queuing theory. Evaluation begins with population data collection and growth in the number of vehicles obtained from the Central Bureau of Statistics of Surabaya, measurement of road geometric data, traffic volume surveys to evaluate U-turn performance. Based on the evaluation result, the queue length (Y) at the condition of the U round at holiday condition is smaller than in the working day condition, with Ymax = 0,012 m for working day conditions on Wednesday, March 15, 2017 and Ymax = 0.005 m for holiday conditions On the day of the week, March 12, 2017. As for the results of the calculation of the next 5 years also obtained Ymax results smaller on holiday conditions than on working days with Ymax = 0,017 m on working day conditions and Ymax = 0.007 m at holiday conditions in 2022

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: U turn, queue length, service level, Ymax.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Wisnu Wicaksono
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:29
Last Modified: 08 Mar 2019 02:18
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/46519

Actions (login required)

View Item View Item