Fleksibilitas Ruang: Perancangan Sekolah Ramah Anak

Cinta, Arinta Sukma (2017) Fleksibilitas Ruang: Perancangan Sekolah Ramah Anak. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3215207005-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
3215207005-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perubahan pendekatan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kurikulum tradisional yang menggunakan Teacher Centered Learning (TCL) ke kurikulum modern yang menggunakan pendekatan Student Centered Learning (SCL) atau disebut juga dengan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), mengakibatkan perbedaan metode pembelajaran yang berpengaruh pada pola penataan ruang kelas, fungsi ruang kelas, dan kebutuhan luasan ruang. Di Indonesia, penerapan CBSA dilakukan dengan metode tematik, metode ini dikhususkan pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Ruang yang dibutuhkan pada pendekatan pembelajaran ini adalah yang bersifat fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan siswa pada KBM.
Bangunan sekolah harus ramah dengan penggunanya dari semua rentang usia dan gender serta memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab atau disebut juga dengan Sekolah Ramah Anak (SRA). SRA tidak terpaku pada aturan tertentu namun harus memenuhi aspek keselamatan, kemanan, kesehatan, responsive gender, keberlanjutan, mampu mewadahi berbagai kegiatan siswa, dan memungkinkan terjadinya patisipasi keluarga dan komunitas.
Obyek rancang pada penelitian ini adalah SRA yang sesuai dengan standar UNICEF dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia dan wilayah setempat. Batasan penelitian ini adalah pengguna yang merupakan anak usia SD, lahan berada di kota Surabaya, kriteria pemilihan lahan sesuai dengan aspek SRA, dan fleksibilitas ruang (ekspansibilitas, konvertibilitas, dan versabilitas) pada sekolah yang menerapkan sistem CBSA dengan metode tematik.
Pada penelitian ini digunakan dua metode. Metode pengumpulan data digunakan metode kualitatif yang melibatkan masyarakat, yaitu siswa, tenaga pengajar dan pendidik, dan orang tua. Metode perancangan digunakan VDI 2221
Dengan mempertimbangkan hubungan psikologi anak, perilaku, dan persepsi anak terhadap ruang, hasil dari penelitian ini adalah konsep SRA dengan ruang kelas flekbilel yang memiliki 4 pengaturan secara horizontal dan 1 pengaturan secara vertikal, dengan aspek ekspansibilitas, konvertibilitas, dan versabilitas yang mempertimbangkan keamanan, keselamatan, dan keberlanjutan yang mampu menjawab kebutuhan ruang pada KBM kurikulum tematik dengan pendekatan CBSA.
=====================================================================================================
Changing approach in Teacher Learning Activities of traditional curriculum that using Teachere Centered Learning (TCL) to modern curriculum that using Student Centered Learning (SCL), has resulted in different learning methods that influence Classroom layout patterns, classroom functions, and space requirements. In Indonesia, SCL implementation is done dy thematic method, this method is devoted to elementary school (SD). The space needed in this learning activities is flexible and in accordance with the needs of students.
School buildings should be user friendly of all age ranges, gender, and fulfill the children rights in every life aspect in a planned and responsible way or also called Child Friendly School (CFS). CFS is not fixed on certain rules but must meet the aspects of safety, security, health, gender responsive, sustainability, able to accommodate the various activities of students and the occurrence of family and community participation.
This research design objek is CFS which is in accordance with UNICEF standard and adjusted to the prevailing Indonesia and local area regulation. The limitations of this study are the users who are elementary school children, located in Surabaya, the criteria of selection area is in accordance with the aspects of CFS, they are flexibility of space (expansibility, convertibility, and versability) in schools that implement CBSA system with thematic methods.
This research design used two methods. qualitative methods that involve the community, ie students, faculty and educators, and parents. Design method used VDI 2221
Considering the child's psychological relationships, behavior, and space perceptions, the result of this study is the CFS concept with a flexible classroom that has 4 settings horizontally and 1 setting vertically, with aspects of expansibility, convertibility, and versability that consider safety, healthy, and sustainability, that is able to answer the space requirement on learning activities on thematic curriculum with SCL approach.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA Cin f-1
Uncontrolled Keywords: fleksibilitas ruang, metode CBSA, Sekolah Ramah Anak (SRA).
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: Arinta Sukma Cinta
Date Deposited: 01 Feb 2018 03:42
Last Modified: 08 Mar 2019 02:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46527

Actions (login required)

View Item View Item