Desain Permukiman Nelayan dengan Konsep Radial Berlapis

Pangestu, Ghea Ossiana (2017) Desain Permukiman Nelayan dengan Konsep Radial Berlapis. Undergraduate thesis, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100058-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3213100058-Undergraduate_Theses.pdf - Updated Version

Download (89MB) | Preview

Abstract

Surabaya telah menjadi kota pesisir dan kota dagang yang dianggap sangat strategis karena letaknya yang berada diantara Pulau Jawa dan Madura. Hal ini menjadikan Surabaya sebagai pusat mencari pekerjaan. Banyaknya masyrakat yang migrasi ke Surabaya menjadikan padatnya penduduk dan permukiman liar yang kumuh menjadi tidak terelakkan.
Sukolilo Lor adalah salah satu perkampungan nelayan di wilayah perkotaan Surabaya yang kondisi lingkungannya sangat kumuh. Pola permukiman serta sarana dan prasarananya belum terawat dan terwujud dengan benar sehingga masyarakat yang ada disana tidak dapat beraktifitas dengan layak. Dalam Tugas Akhir ini akan di desain sebuah permukiman nelayan yang lebih baik dan tertata melalui metode riset desain atau mendesain berdasarkan riset atau preseden yang ada. Konsep dalam merancang tata tapak permukiman ini adalah radial berlapis yang berguna untuk menata dan mengelompokkan bangunan seperti lapisan-lapisan. Hasil yang akan dicapai adalah terciptanya permukiman nelayan yang tidak kumuh, tertata, dan tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap.

=========================================================================

Surabaya has become a coastal and trade city that is considered very strategic because of its location which is between Java and Madura. This makes Surabaya the center of job search. The large number of people migrating to Surabaya has made the density of the inhabitants and slum settlements inevitable.
Sukolilo Lor is one of the fishermen villages in urban areas of Surabaya whose environment is very slum. The pattern of settlements and their facilities and infrastructures are not well maintained and manifested so that the people who live there can not do their activities well. In this Final Project will be design a better and more organized fishermen settlement through the method of design research method or design based on existing research or precedent. The concept in designing the settlement layout is a multilayer radial that is useful for organizing and classifying buildings such as layers. The results that will be achieved is the creation of fishermen settlements that are no longer slum, organized, and the availability of facilities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Permukiman, Nelayan, Kumuh, Radial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN690.5 Slums
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ghea Ossiana Pangestu
Date Deposited: 30 Nov 2017 07:01
Last Modified: 06 Mar 2019 06:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46567

Actions (login required)

View Item View Item