Studi Eksperimen dan Analisa Reduksi Respon Getaran Translasi dan Rotasi dengan Menggunakan Dynamic Vibration Absorber (DVA) Model Beam

Kurniawan, Ricky Bramudia (2017) Studi Eksperimen dan Analisa Reduksi Respon Getaran Translasi dan Rotasi dengan Menggunakan Dynamic Vibration Absorber (DVA) Model Beam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2113100169-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mesin-mesin dalam dunia industri tidak terlepas dari getaran. Getaran yang terjadi tidak hanya ke arah translasi namun juga dapat terjadi ke arah rotasi. Salah satu cara untuk mengurangi getaran berlebih adalah dengan menambahkan DVA (Dynamic Vibration Absorber) yang terdiri atas masa absorber dan pegas absorber pada sistem utama tersebut. Karena getaran berlebih bersifat merugikan, maka studi mengenai reduksi getaran pada mesin industri diperlukan untuk mengetahui respon getaran yang terjadi pada sistem kearah sumbu-sumbu tertentu. Pada penelitian tugas akhir ini dirancang sebuah mekanisme sistem utama yang dapat merepresentasikan getaran dengan beberapa derajat kebebasan (multi DOF) pada mesin industri yaitu ke arah translasi dan rotasi dalam skala laboratorium. Sistem utama ini tersusun dari massa, pegas dan peredam yang dieksitasi oleh gaya sinusoidal dari mekanisme motor dan penggerak.Untuk menggambarkan getaran ke arah translasi digunakan pegas dengan koefisien pegas yang sama, namun untuk menggambarkan getaran ke arah rotasi digunakan pegas dengan 2 jenis koefisien pegas yang berbeda. Mekanisme DVA yang dirancang merupakan DVA dengan model beam. Beam dengan kekakuan tertentu berfungsi sebagai pegas absorber dan diberi massa tambahan dikedua ujungnya sebagai massa absorber. Pada penelitian ini digunakan variasi massa absorber, koefisien pegas absorber dan posisi peletakan DVA terhadap titik tengah sistem utama. Massa absorber yang digunakan adalah sebesar 1/10, 1/20, dan 1/30 dari masa sistem utama, pegas absorber yang digunakan adalah sebesar 1/10, 1/20, dan 1/30 dari koefisien pegas sistem utama, serta variasi jarak yang digunakan adalah 0.0, 0.1, dan 0.2 meter terhadap titik tengah sistem utama. Respon percepatan yang diperoleh dari data pada setiap percobaan lalu dibandingkan dengan respon percepatan sistem utama sebelum menggunakan DVA. Dari penelitian DVA (Dynamic Vibration Absorber) model beam ini, telah diperoleh hasil berupa respon percepatan dari setiap variasi dan diperoleh hasil reduksi getaran translasi maksimal sebesar 75.71% dengan menggunakan variasi massa absorber sebesar 1/20, pegas absorber 1/20, dan posisi 0.2 meter terhadap titik tengah sistem utama. Untuk getaran ke arah rotasi mampu direduksi sebesar 97.36% dengan variasi massa absorber, koefisien pegas absorber , dan posisi DVA yang sama. ====================================================================== Machines in the industrial world can not be separated from the vibration. The vibrations that occur not only in the direction of translation but also can happen in the direction of rotation. One way to reduce excessive vibration is to add a DVA (Dynamic Vibration Absorber) consisting of a period of absorber and spring absorber on the main system. Because excessive vibration is detrimental, a study of the vibration reduction in industrial machinery is required to find out the vibration response occurring in the system towards certain axes. In this final project, we designed a main system mechanism that can represent vibration with some degree of freedom (multi DOF) in industrial machine that is toward translation and rotation in laboratory scale. The main system is composed of masses, springs and dampers excited by the sinusoidal force of the motor and drive mechanisms. To illustrate the vibration toward translation is used a spring with the same spring coefficient, but to illustrate the vibration toward the rotation is used a spring with two types of spring coefficients different. The designed DVA mechanism is a DVA with beam model. Beam with a certain stiffness serves as an absorber spring and is given an additional mass in both ends as the absorber mass. In this study used variation of absorber mass, coefficient of absorber spring and position laying of DVA to point Middle of the main system. The absorber mass used is 1/10, 1/20, and 1/30 of the major system period, the absorber spring used is 1/10, 1/20, and 1/30 of the major system spring coefficients, as well as the distance variation Used are 0.0, 0.1, and 0.2 meters against the center point of the main system. The acceleration response obtained from the data in each trial is then compared with the main system acceleration response before using DVA. From the DVA (Dynamic Vibration Absorber) research, this beam model has obtained the result of acceleration response from each variation and obtained the maximum translational vibration reduction result of 75.71% by using variation of absorber mass of 1/20, 1/20 absorber spring, and 0.2 Meter to the center point of the main system. For vibration to rotation can be reduced by 97.36% with variation of absorber mass, coefficient of spring absorber, and same DVA position.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Respon getaran, Dynamic Vibration Absorber, Getaran Multi DOF, Massa Absorber, Koefisien Pegas Absorber, Posisi Dynamic Vibration Absorber
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ricky Bramudia Kurniawan
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:54
Last Modified: 06 Mar 2019 06:33
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/46568

Actions (login required)

View Item View Item