Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Kesalahan Desain pada Proyek-proyek di PT. Pertamina MOR V

Fuadie, Dedy Farhan (2017) Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Kesalahan Desain pada Proyek-proyek di PT. Pertamina MOR V. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9115202306-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
9115202306-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Desain merupakan tahap yang penting dalam sebuah proyek konstruksi. Kesalahan dalam desain dapat menyebabkan suatu kegagalan konstruksi proyek. Kesalahpahaman akan konsep desain antara pihak yang terkait dapat menyebabkan kesalahan desain yang mengakibatkan menurunnya kualitas, pembengkakan biaya dan keterlambatan proyek. Kesalahan desain juga berkontribusi terhadap kegagalan rekayasa, yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan hilangnya nyawa.
Kesalahan desain yang dimaksud pada penelitian ini adalah kesalahan desain pada fase detail engineering dan construction yang menimbulkan masalah pada pelaksanaan konstruksi. Batasan penelitian ini adalah proyek-proyek di PT. Pertamina Marketing Operation Region V yang memiliki wilayah kerja di area Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara. Pendekatan yang digunakan adalah eksploratif melalui wawancara, studi literatur dan observasi. Kuesioner digunakan sebagai alat dalam pengumpulan data. Analisis statistik mean dan standard deviation dipergunakan untuk mengindentifikasi faktor penyebab kesalahan desain yang paling dominan. Analisis faktor dipergunakan untuk mengindentifikasi kesamaan antar faktor. Selain itu juga dipergunakan analisis deskriptif kualitatif terhadap bentuk kesalahan desain, dampak yang ditimbulkan, respon penanggulangan terhadap dampak dan pihak yang bertanggung jawab. Dari analisis statistik diperoleh 3 faktor yang paling dominan adalah : user tidak konsisten, pembelajaran individu terhadap desain, dan kurangnya integrasi desain. Dari analisis faktor diperoleh 3 kelompok faktor penyebab kesalahan desain. Dari hasil sistesa jawaban responden, dampak yang ditimbulkan dari kesalahan desain adalah hasil tidak dapat digunakan atau tidak optimal, operasional terganggu, perlu biaya dan waktu untuk perbaikan, timbulnya konflik, menjadi temuan dan timbul resiko terhadap HSSE.

==================================================================

Design is an important stage in a construction project. An error in the design may lead to a project construction failure. Misunderstanding of design concepts between related parties can lead to design errors resulting in decreased quality, cost overruns and project delays. Design errors also contribute to engineering failure, which can lead to accidents and loss of life.
The design error referred to in this research is a design error in the detail engineering and construction phases that cause problems in the construction implementation. Limitations of this research are projects in PT. Pertamina Marketing Operation Region V which has working area in East Java, Bali and Nusa Tenggara area. The approach used is explorative through interview, literature study and observation. Questionnaires are used as tools in data collection. Mean statistical and standard deviation analyzes are used to identify the most dominant factor of design error. Factor analysis is used to identify the similarity between factors. In addition, qualitative descriptive analysis of design errors, impacts, response to impacts and those responsible. The expected result of this research is the identification of factors causing design error. From the statistical analysis obtained the three most dominant factors are: inconsistent users, individual learning to design, and lack of design integration. From the factor analysis obtained 3 groups of factors causing design errors. From the results of the respondent's answer system, the impact of the design error is the unusable or not optimal facility, operational is disturbed, need cost and time for improvement, the emergence of conflict, become auditor findings and risks arise to the safety.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kesalahan desain, proyek konstruksi, oil and gas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Dedy Farhan Fuadie
Date Deposited: 08 Dec 2017 04:10
Last Modified: 06 Mar 2019 03:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46727

Actions (login required)

View Item View Item