Rancang Bangun Sistem Pengendalian Flow Dan Data Reconciliation Pada Mixing Piping

Kurniawan, Fery Agos (2017) Rancang Bangun Sistem Pengendalian Flow Dan Data Reconciliation Pada Mixing Piping. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2414031041-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2414031041-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengukuran laju aliran fluida merupakan pengukuran untuk mendapatkan data-data untuk dianalisis karena pada prinsipnya fluida merupakan energy bertekanan yang semakin banyak dikembangkan pada proses-proses di industri. Banyak juga di dalam dunia industri yang memiliki titik penggabungan dari beberapa sumber shingga sering terjadi perbedaan antara input dan outputnya dimana setiap metode pengukuran laju aliran yang digunakan akan menghasilkan suatu nilai karakteristik yang berbeda-beda, tidak semua jenis pengukuran laju aliran dapat menggunakan metode yang sama, dilihat dari pressure drop yang dihasilkan akan mempengaruhi setiap metode yang digunakan. Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan pengendalian laju aliran dan data rekonsiliasi pada penggabungan pipa. Pada pengukuran fluida sering dijumpai sambungan pipa seperti elbow dengan kemiringan tertentu. Kemiringan pada elbow,orifice dan venturi tersebut dapat mempengaruhi perbedaan tekanan maupun pressure drop pada fluida yang melewati elbow tersebut. Pada penelitian tugas akhir ini telah dilakukan sistem pengendalian laju aliran melewati venturi. Pada pengukuran laju aliran ini digunakan sensing elemen MPX5050DP dengan Atmega32 sebagai mikrokontroller dan display monitoring dengan menggunakan LCD. rekonsiliasi dilakukan dengan flowrate sebagai variabel pengukuran untuk membuktikan bahwa laju aliran pada mixing piping memenuhi kesetimbangan massa dan energi.
=============================================================================================
Measurement of fluid flowrate is a measure to obtain data for analysis because in principle the fluid is pressurized energy that the more developed the processes in the industry. Many also in the industrial world have a point of incorporation from multiple sources so often there is a difference between input and output where each method of measuring flow rate used will produce a different characteristic value, not all types of flow rate measurements can use the same method , Seen from the resulting pressure drop will affect every method used. In this final project, control flow rate and reconciliation data on pipe merging are carried out. Fluid measurements are often found in pipe connections. The slope of the elbow, orifice or venturi may affect the pressure difference as well as the pressure drop on the fluid passing through the elbow. In this final project has been done the system of flow rate control through venturi. At this flow rate measurement is used sensing element MPX5050DP with Atmega32 as microcontroller and display monitoring by using LCD. Reconciliation is done by flowrate as a measurement variable to prove that the flow rate at the piping mixing satisfies the mass and energy balance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSIn Kur r-1
Uncontrolled Keywords: Fluida Cair , Elbow Tabs, Data Rekonsiliasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > (D3) Diploma 3
Depositing User: Kurniawan Fery Agos
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:58
Last Modified: 06 Mar 2019 06:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46745

Actions (login required)

View Item View Item