Strategi Pengelolaan AIr Limbah Domestik di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya

Wicaksono, Daniel (2017) Strategi Pengelolaan AIr Limbah Domestik di Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya. Masters thesis, institut teknologi sepuluh nopember.

[thumbnail of 3315202001-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3315202001-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Studi EHRA Kota Surabaya Tahun 2012, Kecamatan Kenjeran merupakan kecamatan beresiko tinggi rawan sanitasi karena pencemaran air limbah dan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kecamatan Kenjeran memiliki 4 Kelurahan yakni Kelurahan Bulak Banteng, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kelurahan Tambak Wedi dan Kelurahan Sidotopo Wetan. Sistem pengelolaan air limbah domestik direncanakan mengolah black water dan grey water di 4 Kelurahan. Kecamatan Kenjeran memiliki daerah BABS yang berada di Kelurahan Bulak Banteng, Kelurahan Tambak Wedi dan Kelurahan Tanah Kali Kedinding
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus di Kecamatan Kenjeran. Kajian aspek teknis dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan sarana prasarana berdasarkan volume air limbah domestik yang dihasilkan. Pada aspek finansial, dilakukan kajian aspek kelayakan investasi pengelolaan air limbah domestik. Analisis SWOT digunakan untuk menilai kinerja dan mendapatkan strategi peningkatan peran serta masyarakat.
Penanganan sanitasi air limbah domestik di Kecamatan Kenjeran dapat dilakukan dengan merencanakan IPAL sistem Komunal di 4 Kelurahan. Direncanakan terdapat IPAL Komunal sebanyak 80 unit dengan cakupan pelayanan masing –masing 75 – 100 KK menggunakan teknologi Anaerobic Baffled Reactor. Sebuah contoh perencanaan IPAL Komunal beserta sistem perpipaan untuk 100 sambungan rumah dilakukan di Dukuh Bulak Banteng Kelurahan Bulak Banteng untuk menangani perilaku BABS. Biaya investasi IPAL Dukuh Bulak Banteng membutuhkan Rp 341.282.000. Biaya operasional per bulan yang diperlukan dalam pengelolaan IPAL sebesar Rp 504.000. Berdasarkan hasil survey, masyarakat bersedia untuk terlibat dalam pembangunan IPAL serta pemeliharaannya. Unit pengelola IPAL Komunal dalam hal ini sebagai Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara perlu dibentuk agar pengoperasian dan pemeliharaan IPAL dapat berjalan secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTL Wic s
Uncontrolled Keywords: air limbah domestik, Anaerobic Baffle Reactor, Analisa SWOT
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Environment Engineering > 25101-(S2) Master Thesis
Depositing User: wicaksono daniel
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:44
Last Modified: 08 Mar 2019 01:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46797

Actions (login required)

View Item View Item