Desain Interior Pusat Kebugaran Bernuansa Dinasti Cina untuk Meningkatkan Semangat Pengguna

Daniel, Dennis (2017) Desain Interior Pusat Kebugaran Bernuansa Dinasti Cina untuk Meningkatkan Semangat Pengguna. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3813100038-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3813100038-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Fenomena tentang perubahan gaya hidup terkait kesehatan jasmani inilah yang sekarang sedang marak berkembang di kota-kota besar, termasuk di Surabaya. Olahraga yang teratur tentunya membuat orang lebih awet muda, fit, dan segar. Aktivitas olahraga seperti fitness dan aerobik sudah dianggap sebagai kebutuhan yang pada akhirnya menjadi sebuah gaya hidup masyarakat kini. Semakin majunya jaman seperti saat ini menuntut seluruh elemen kehidupan untuk lebih maju dalam berbagai aspek, tidak terkecuali sebuah pusat kebugaran atau biasa dikenal sebagai gym. Gym harus bisa terus berkembang dan memberikan sesuatu hal yang menarik untuk memajukan minat dari pengunjung, sehingga perkembangan dari fasilitas gym pun ikut meningkat dengan pesat.
Pada saat berlatih di gym, tidak jarang pengguna merasakan kebosanan. Hal ini wajar pengguna rasakan karena berlatih gym berbeda dengan berolahraga lainnya seperti sepak bola, ataupun basket. Gym menggunakan teknik berlatih secara berulang yang tentu saja dapat menyebabkan kejenuhan dari para penggunanya. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab dari timbulnya rasa jenuh pengguna, diantara lain adalah terlalu berkonsen dengan satu alat fitness saja, seperti penggunaan treadmill terlalu lama sehingga lupa berlatih menggunakan alat berat ataupun sebaliknya, juga pola latihan sendiri belum teratur dengan baik sehingga latihan menjadi tidak maksimal dan efisien.
Pada proyek Tugas Akhir ini, penulis menekankan tujuan utama, yakni meningkatkan semangat dari pengguna gym pada saat sedang berlatih fisik. Salah satu cara dari meningkatkan semangat yaitu dengan melakukan beberapa inovasi, baik dari pengaturan sirkulasi, konsep desain, dan lain sebagainya. Penggunaan konsep desain tematik Dinasti Cina dirasa pas dan dapat menyelesaikan masalah yang ada. Pada Warriors Gym ini akan menggunakan warna merah sebagai komponen warna utama, penggunaan warna merah akan dipadukan dengan warna hitam dan kuning.

======================================================================

The phenomena about health lifestyle changes is now become a trend in big cities, especially Surabaya. Daily sport made us health, young, and fresh. Sports activity, especially fitness and aerobic are very important for us, now they became lifestyle. In this century, all of the life element have to grow in all aspects, included Fitness Centre, Gym. Gym have to give an attractive inventions to make the peole waited to do sports there.
While they do sports, there are some members got bored because gymnastics are different from playing football nor basketball. They have to use right techniques in gym, and that’s the point of the problem. There are some cases of the “bored” fitness members, they just use one fitness machine, usually they use treadmill too long, so they forgot to use another machines, and the wrong exercises make the sport hard to be maximum and efficient.
In this project, the writer wants to tell the point, to grow the spirit of the gym’s members when do exercises. Innovations of design concept, is one example in order to solve the problem. Chinese Dinasty concept is the best way. Warriors Gym will be used red color in their concept.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dinasti Cina, Gym, Interior, Pusat Kebugaran, Semangat
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dennis Daniel
Date Deposited: 11 Oct 2017 07:56
Last Modified: 08 Mar 2019 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46849

Actions (login required)

View Item View Item