Living Museum : Maritime Eksplorasi Ruang Ekspose Pesisir Indonesia

Syafrudin, Uman (2017) Living Museum : Maritime Eksplorasi Ruang Ekspose Pesisir Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100042-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3213100042-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan kawasan maritim yang sangatlah besar, berbagai sejarah nenek moyang yang akrab dengan laut yang kaya ada dalam negara ini. Masyarakat kampung nelayan seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alam lautan yang dimiliki oleh bangsa kita dengan megahnya. Namun sungguh ironi dari apa yang kita bayangkan apabila melihat secara langsung kondisi nelayan bangsa Indonesia kita, mereka lebih sering diidentikkan dengan kemiskinan. Padahal, pantai merupakan area dengan visual yang sungguh luar biasa yang seharusnya dapat mereka manfaatkan, tidak hanya menangkap ikan dan segera menjualnya saja.
Dengan suatu objek yang ikonik mengenai kelautan Indonesia serta sedikit space disekitarnya, kita seharusnya mampu untuk mengekspose sejarah serta kekayaan maritim yang ada di Indonesia untuk ditunjukkan pada dunia bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang besar.
Dan dari space tersebut, nelayan yang memiliki pengetahuan lebih akan laut juga akan memiliki keleluasan untuk mendiversifikasikan usaha mereka dan meningkatkan taraf hidup mereka.

=======================================================================================

Indonesia is a country with a very large maritime region, various historical ancestors are familiar with the rich sea is present in this country. The people of the fishermen's village should be able to take advantage of the natural wealth of the oceans owned by our nation with its magnificence. But the irony of what we imagine to see directly the condition of our Indonesian fishermen, they are more often identified with poverty. In fact, the beach is an area with a truly extraordinary visual that they should be able to use, not just catch the fish and immediately sell it.

With an iconic object of Indonesian marine as well as a little space around it, we should be able to expose the history and maritime wealth present in Indonesia to show the world that Indonesia is a great maritime nation.

And from that space, fishermen who have more knowledge of the ocean will also have the freedom to diversify their business and improve their standard of living.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: maritim, nelayan, laut, ikonik, space, ekspose, diversifikasi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Uman Syafrudin
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:31
Last Modified: 06 Mar 2019 06:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46879

Actions (login required)

View Item View Item