Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Gempol – Pasuruan Seksi III (Pasuruan STA 20+367 Sampai Grati STA 34+150)

Prayogata, Robby Suma (2017) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Gempol – Pasuruan Seksi III (Pasuruan STA 20+367 Sampai Grati STA 34+150). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100141-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100141-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan wilayah yang cukup luas dan penduduk yang cukup padat. Berbagai kegiatan ekonomi di Kabupaten-kabupaten maupun Kota-kota di Jawa Timur menyebabkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur meningkat. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi diiringi dengan meningkatnya pergerakan / perjalanan atau mobilitas manusia, barang dan jasa sehingga akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan jumlah kendaraan. Jalan Gempol-Pasuruan merupakan jalan arteri primer yang menghubungkan kecamatan Gempol dan Kota Pasuruan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan kendaraan, diperkirakan volume lalu lintas yang melintasi jalan tersebut akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dalam kondisi saat ini, sering terjadi kemacetan akibat banyaknya volume kendaraan lalu lintas yang melewati jalan tersebut sedangkan kapasitas jalan yang terbatas. Dengan kondisi tersebut, berakibat semakin besar waktu yang ditempuh untuk sampai ke tujuan serta keamanan dan kenyamanan pengendara kurang terjamin. Jalan bebas hambatan (Tol) Gempol-Pasuruan dibangun untuk mengatasi volume lalu lintas yang semakin meningkat setiap tahunnya. Jalan Tol Gempol-Pasuruan juga merupakan program dari pemerintah untuk mengatasi kemacetan pada jalan Arteri utama Gempol-Pasuruan. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang perencanaan jalan tol Gempol-Pasuruan seksi III yang menghubungkan Pasuruan dengan Grati. Metodologi Perencanaan Jalan Tol ini meliputi Perencanaan Geometrik Jalan berdasarkan Peraturan Bina Marga No.007/BM/2009, Perencanaan Tebal Perkerasan menggunakan Perhitungan Desain Perkerasan Kaku Pd-T-14-2003, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan menggunakan Harga Satuan Pokok Kerja (HSPK) tahun 2016 Provinsi Jawa Timur dan Perencanaan marka dan rambu lalu lintas berdasarkan Peraturan Menteri No. 13 tahun 2014 dan No.34 tahun 2014. Harapannya perencanaan ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi untuk membangun jalan tol pada daerah Gempol-Pasuruan. Hasil Perencanaan jalan tol ini didapatkan panjang jalan tol 15,579 km dengan 8 PI dan 41 PVI, tebal lapisan perkerasan dengan bahan beton 200 mm dan dilapisi dengan aspal setebal 5 mm, fasilitas rambu dan marka, serta total biaya untuk pembangunan jalan tol ini sebesar Rp412.091.450.000,00.
=================================================================
East Java is one of the provinces in Indonesia with a large area and a fairly dense population. Various economic activities in the Districts and Cities in East Java cause economic growth increase. Increased economic growth is accompanied by increased movement / travel or mobility of people, goods and services that will cause the increasing demands of the number of vehicles. Gempol-Pasuruan Street is the primary arterial road that connect Gempol and Pasuruan. Along with the increasing demand for the vehicles, estimated volume of traffic crossing the road will be increasing from year to year. Under that conditions, there are frequent traffic jams due to the large volume of traffic vehicles passing through the road while the road has limited capacity. With these conditions, resulting in greater time taken to get to the destination and the safety and comfort of riders less secure. The Gempol-Pasuruan toll road is built to resolve increasing volume of traffic each year. Gempol-Pasuruan Toll Road is also a program of government to overcome traffic jams on Gempol-Pasuruan primary artery road. In this final project will be explained about the planning of Gempol-Pasuruan section III toll road that connect Pasuruan and Grati. This Toll Road Planning Methodology includes Road Geometric Planning based on Bina Marga Regulation No.007 / BM / 2009, Planning of Pavement Thickness using Rigid Pavement Design Calculation Pd-T-14 -2003, Budget Plan (RAB) by using Price of Working Unit (HSPK) in East Java Province 2016 and Planning of traffic mark and signs based on Ministerial Regulation no. 13 years 2014 and No.34 in 2014. The hope of this plan can be used as a reference to build toll roads in Gempol-Pasuruan area. From the results, the lenght of this toll road planning is 15,579 km toll road with 8 PI and 41 PVI, Thickness of pavement layer with concrete material 200 mm and coated with asphalt 5 mm, road markings and sign facility, and Budget cost for this toll road construction is Rp412.091.450.000,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan Bebas Hambatan, Geometrik Jalan, Perkerasan Jalan, Anggaran Biaya, Freeway, Road Geometric, Road Pavement, Budget Cost
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prayogata Robby Suma
Date Deposited: 08 Dec 2017 08:16
Last Modified: 06 Mar 2019 06:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46991

Actions (login required)

View Item View Item