Analisis Kompensator akibat External Disturbances pada Kapal Perang Kelas SIGMA Extended

Anandito, Prisma (2017) Analisis Kompensator akibat External Disturbances pada Kapal Perang Kelas SIGMA Extended. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2413100074-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2413100074-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kapal perang kelas SIGMA (Ship Integrated Geometrical Modularity Approach) extended merupakan kapal yang dirancang dan digunakan oleh TNI Angkatan Laut sebagai kapal patroli pada daerah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), misi SAR, dan misi anti kapal selam dengan kemampuan propulsi dan berlayar yang melebihi kapal patroli lainnya. Sebagai kapal yang digunakan untuk patroli dan menjalankan berbagai misi, kapal SIGMA Extended membutuhkan kemampuan untuk bertahan dalam berbagai macam gangguan terutama gelombang laut dengan ketinggian yang bervariasi. Pada penelitian ini, dilakukan sebuah perancangan dan analisa kompensator terhadap kapal disaat kapal diberikan gangguan dalam berbagai kondisi. Hasil rancangan kompensator menunjukkan bahwa pada lead compensator mampu mempertahankan kestabilan dengan settling time 37.21 pada sea-state 4 hingga 52.40 detik pada sea-state 8 dari rancangan yang telah dibuat namun dengan overshoot yang masih cukup tinggi bila ingin digunakan sebagai kompensator untuk rudder. Hasil lain pada lag compensator dan lead-lag compensator menunjukkan bahwa sistem tidak cocok dengan peletakan pole-zero dengan aturan lag.

====================================================================================

The SIGMA Extended are ships that specifically designed and used by the Navy as a patrol boat in the ZEE area, SAR missions, and anti-submarine missions with a really good propulsion and sailing abilities rather than other patrol ships. SIGMA Extended ship needs to have the ability to withstand a wide range of disturbances especially ocean waves with a variety of heights. In this study, the compensator that designed will be tested with various level of disturbances. The compensator design results show that the lead compensator is able to maintain the stability of the system with settling time of 37.21 at sea-state 4 to 52.40 at sea state 8 but with a high overshoot. The other type of compensator couldn’t handle the disturbances because the system isn’t compatible with the pole-zero arrangement at the lag rule.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lag compensator, Lead compensator, Lead-lag compensator, overshoot, settling time, SIGMA Extended
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prisma Anandito
Date Deposited: 19 Oct 2017 06:31
Last Modified: 06 Mar 2019 04:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47011

Actions (login required)

View Item View Item