Perbandingan Kinerja Pelayanan Self Check In dengan Check In Konvensional untuk Maskapai Citilink dan AirAsia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya

Ardiansyah, Muhammad Irfan (2017) Perbandingan Kinerja Pelayanan Self Check In dengan Check In Konvensional untuk Maskapai Citilink dan AirAsia di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100126-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100126-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, Terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya sudah menggunakan sistem self check-in.. Sistem self check-in adalah suatu fasilitas/tempat yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai prosedur dan persyaratan keamanan dan pelayanan yang menggunakan suatu mesin. Sistem ini sudah diterapkan di beberapa negara seperti Australia, Amerika Serikat, dan negara-negara di benua Eropa. Sistem self check-in ini memiliki prosedur yang sangat mudah, dengan hanya melakukan scan barcode atau memasukan nomor e-ticket , kemudian memilih seat dan print boarding pass. Dikarenakan prosedur check-in yang mudah, terdapat 83% penumpang lebih memilih sistem self check-in (IATA Global Passenger Survey, 2014).
Tugas akhir ini akan membandingkan efektivitas penggunaan self check-in dengan check-in konvensional yang disesuaikan dengan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor : SKEP/77/VI/2005,dan standar Level of Service IATA. Perbandingan penggunaan self check-in dan check-in konvensional dilakukan dengan pentahapan awal adalah pengumpulan data waktu antar kedatangan penumpang di kedua tipe check-in dan memperkirakan kebutuhan self check-in 10 tahun kedepan. Dalam tugas akhir ini, hasil yang didapatkan adalah self check-in sangat berpengaruh dalam mengurangi panjang antrian paling sebesar 15 penumpang pada Skenario 1 dan 6 penumpang pada Skenario 2 saat melakukan proses check-in.

=====================================================================

With the vast development of technology, Juanda International Airport in Surabaya has already used self check-in system. Self check-in system is a facility/area which functions to solve any procedure and safety requirement and services by using a machine. This system has already applied in many country such as Australia, United States and other countries in Europe. Self check-in system has a basic procedure by simply scan the barcode or by input the e-ticket number, then choose the seat and print the boarding pass, due to easy procedure, 83% of the passenger prefers to use this self check-in system (IATA Global Passenger Survey, 2014).
This final project will compare the effectiveness in uses between self check-in and conventional check-in which is adjusted with Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No : SKEP/77/VI/2005, and Level of Service IATA standard. The comparison in uses between self check-in and conventional check-in will be conducted as a first phase by collecting data of the passenger arrival time in each type and forcasting the necessary requirement in self check-in for 5 years ahead. Within this final project, indicates that self check-in gives a significant effect in reducing the queue length of 15 passengers in Scenario 1 and 6 passengers in Scenario 2 while check-in process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 387.736 2 Ard p
Uncontrolled Keywords: Self Check In, Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Kinerja Pelayanan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Irfan Ardiansyah
Date Deposited: 24 Oct 2017 01:54
Last Modified: 09 Jul 2020 07:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47116

Actions (login required)

View Item View Item