Analisa Sistem Manajemen Termal Berdasarkan Pengaruh Variasi Jumlah Tube dan Laju Aliran Massa Sistem Pendingin Bermedia Air pada Sel Baterai Berbentuk Silinder Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Herninda, Thalita Maysha (2017) Analisa Sistem Manajemen Termal Berdasarkan Pengaruh Variasi Jumlah Tube dan Laju Aliran Massa Sistem Pendingin Bermedia Air pada Sel Baterai Berbentuk Silinder Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2413100134 _ Thalita Maysha Herninda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu metode pendingin untuk baterai litium ion silinder sel adalah dengan menerapkan mini channel liquid cooled cylinder seperti yang dibahas pada penelitian ini, yaitu dengan memvariasikan jumlah tube pendingin dan laju aliran massa fluida yang mengalir pada tube pendingin. Semakin banyak jumlah tube diharapkan akan memperluas area perpindahan panas, dan semakin besar laju aliran massa diharapkan akan meningkatkan koefisien perpindahan panas, sehingga penurunan temperatur akan efisien. Pengaruh perubahan laju aliran massa fluida pendingin dan jumlah tube pendingin dibahas menggunakan metode numerik yaitu Computational Fluid Dynamics. Temperatur baterai akan menurun seiring dengan meningkatnya nilai laju aliran massa dan jumlah tube pendingin. Tetapi penggunaan laju aliran massa yang besar tidak disarankan karena dengan semakin tinggi nilai laju aliran massa pola penurunan temperatur baterai juga akan mengecil sehingga penggunaan nilai laju aliran massayang terlalu besar dinilai tidak efisien. Sedangkan penggunaan tube pendingin lebih dari 8 tidak menghasilkan penurunan temperatur yang signifikan dan memiliki biaya fabrikasi yang lebih mahal. Sehingga, dapat disimpulkan plat pendingin dengan 8 jumlah tube dan nilai laju aliran massa sebesar 0.001 kg/s paling efektif digunakan karena dapat menurunkan temperatur operasi hingga 12.06℃. ========================================================================================== One of cooling methods for cylindrical lithium ion batteries is by applying a mini tube liquid cooled cylinder as discussed in this research, by discussing the optimum number of tube and mass flow rate of water cooling system. The more channel used will expand the heat transfer area, the used of higher inlet mass flow rate will increase the heat transfer coefficient so that the maximum temperature will decrease. The effects of inlet mass flow rate and number of cooling tube were investigated numerically by using Computational Fluid Dynamics method. The battery temperature will decrease as the increasing of inlet mass flow rate and number of cooling tubes. The use of higher inlet mass flow rate is not necessary because temperature decrease trends gets slow with the increasing of inlet mass flow rate. And the more cooling tube are, the lower temperature decrease is. Thus, can be conclude that by using 8 number of cooling tube with 0.001 kg/s inlet mass flow rate, the maximum temperature can be controlled up to 12.06℃ for 42110 cylindrical batteries.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Baterai litium ion, Sistem manajemen termal baterai, Computational Fluid Dynamics, Lithium ion battery, Battery thermal management system
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TP Chemical technology > TP255 Electrochemistry, Industrial.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Thalita Maysha Herninda
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:49
Last Modified: 09 Jan 2018 06:08
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item