Pusat Olahraga dan Rekreasi dengan Pendekatan Biophilik di Surabaya

Ridhowati, Rahma Meiditya (2017) Pusat Olahraga dan Rekreasi dengan Pendekatan Biophilik di Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213100019_Undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3213100019_Undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar ke 2 di Indonesia. Dengan beragamnya sektor yang ada, banyak permasalahan yang timbul di dalamnya. Pada masyarakat perkotaan khususnya masyarakat kota Surabaya, umumnya memiliki permasalahan yaitu berupa tekanan atau stress. Dengan adanya rutinitas pekerjaan, tekanan kerja yang sama setiap harinya maka kegiataan tersebut terkesan monoton dan juga menekan. Stress sering kali didapatkan melalui berbagai kegiatan contohnya dari pekerjaan, kebisingan, kemacetan, keramaian, ekonomi dan lain-lain.
Stress dapat menurunkan daya kreatifitas serta produktifitas seseorang, dan melepaskan stress dapat dilakukan melalui beragam kegiatan salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga sendiri bagi masyarakat Surabaya sangat di butuhkan dan digemari terlihat dari banyaknya taman dan pengunjung yang hadir. Oleh karena itu diperlukannya sebuah pemecahan masalah melalui desain Fasilitas Olahraga yang baik terutama pada kualitas ruang yang diberikan.
Menghadirkan kualitas ruang yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan Biophilia. Dimana hubungan manusia dengan alam menjadi hal utama. Pendekatan ini juga membantu dalam menurunkan tingkatan stress secara langsung yaitu saat seseorang berinteraksi dengan alam, serta menghasilkan konsep-konsep yang diterapkan pada bangunan. Dan dengan menggunakan metode Biomorphic pada desain, bangunan nantinya akan lebih dapat merepresentasikan bentukan dari alam.
Oleh karenanya bangunan Pusat Olahraga dan Rekreasi dengan Pendekatan Biophilia di Surabaya ini akan mengacu pada bagaimana hubungan manusia dengan alam dan bagaimana menghadirkan unsur alam baik itu secara alami atau pun secara buatan (artificial) sehingga kualitas ruang yang diberikan menjadi lebih baik dan dapat membantu menurunkan tingkatan stress seseorang.

=============================================================================

Surabaya is the second largest metropolitan city in Indonesia. With the diversity of existing sectors, many problems arise in it. In urban society especially society of Surabaya city, generally have problem that is in the form of pressure or stress. With the routine work, the same work pressure every day it seems monotonous and pressing. Stress is often obtained through a variety of activities such as from work, noise, congestion, crowd, economy and others.
Stress can lower the creativity and productivity of a person, and release stress can be done through a variety of activities one of which is by exercising. Sports itself for the people of Surabaya is in need and popular seen from the many parks and visitors who attended. Hence the need for a problem solving through the design of a good Sports Facility, especially on the quality of space provided.
Providing good space quality can be done using the Biophilia approach. Where human relations with nature becomes the main thing. This approach also helps in lowering stress levels directly when someone interacts with nature, and produces concepts applied to the building. And by using the Biomorphic method on the design, the building will be more able to represent the formation of nature.
Therefore, the building of Sports and Recreation Center with Biophilia Approach in Surabaya will refer to how human relationship with nature and how to present natural elements either artificially or natural (artificial) so that the quality of space provided to be better and can help lower the level Stress someone.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: alam, biophilik, pusat olahraga
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rahma Meiditya R. .
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:12
Last Modified: 06 Mar 2019 01:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47604

Actions (login required)

View Item View Item