Analisa dan Evaluasi Faktor Pembebanan Peralatan Listrik Pada Kapal MV Serasi III

Anugrah, Syawal (2017) Analisa dan Evaluasi Faktor Pembebanan Peralatan Listrik Pada Kapal MV Serasi III. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4211100106-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4211100106-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kapal Serasi III adalah kapal car carrier yang berusia 29 tahun.Kapal ini dibeli pada tahun 2007dari Jepang dan dioperasikan untuk mengangkut mobil dari Jakarta ke Banjarmasin dan Balikpapan. Kapal ini pada pengoperasian generatornya hanya beroperasi tidak lebih dari setengah kapasitas maksimum generatornya . Hal ini diasumsikan karena desain galangan yang diperuntukan untuk kondisi di Jepang berbeda dengan kondisi di Indonesia . Salah satu penyebab rendahnya daya yang dihasilkan generator dikarenakan tidak semua peralatan listrik dioperasikan. Oleh sebab itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pola operasi pengoperasian peralatan listrik kapal serasi III di Indonesia Salah satu analisa yang dapat dilakukan untuk mengetahui daya operasi adalah dengan analisa load faktor . Setelah dilakukan pengamatan MSB ,perhitungan operasional dan perhitungan galangan diketahui bahwa pengamatan MSB dan perhitungan operasi berada dibawah kapasitas terpasang dan desain dari galangan Hal ini dikarenakan karena adanya peralatan yang tidak dikenakan lagi pada kapal serasi III saat ini diantaranya reefer container ,sebagian fan dipakai heater pada saat musim dingin.
=================================================================
The Serasi III is a 29-year-old carrier. The ship was purchased in 2007 from Japan and operated to link cars from Jakarta to Banjarmasin and Balikpapan. This ship in operation of its generator only operates no more than half the maximum capacity of its generator. This is assumed because the design of the shipyard that is intended for conditions in Japan is different from the conditions in Indonesia. One of the causes of low power generator generated because not all electrical equipment is operated. Therefore, further research is needed to know the operation pattern of the operation of harmonic ship equipment III in Indonesia One of the analysis that can be done to know the operating power is with load factor analysis. After observation of MSB, operational calculation and calculation of shipyard is known that the observation of MSB and the calculation of operation is below the installed capacity and design of the shipyard This is because of the equipment that is not worn on the ship harmonious III currently include reefer container, some fan used heater on In winter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.850 3 Anu a
Uncontrolled Keywords: faktor pembebanan, perlatan listrik kapal, generator, load factor, ship’s electrical equipment
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anugrah Syawal
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:49
Last Modified: 05 Mar 2019 07:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47923

Actions (login required)

View Item View Item