Analisis Indeks Prestasi Persiapan (IPP) Mahasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi Program Sarjana ITS dengan Metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection)

Habibah, Siska Ibni (2017) Analisis Indeks Prestasi Persiapan (IPP) Mahasiswa Bidikmisi dan Non Bidikmisi Program Sarjana ITS dengan Metode CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1313100072-Undergraduated_Theses.pdf] Text
1313100072-Undergraduated_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan pemerataan pendidikan ke perguruan tinggi sampai saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Setiap mahasiswa berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan bagi mereka yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi, salah satunya adalah bidikmisi. Untuk menilai berhasil atau tidaknya mahasiswa dapat dilihat dari Indeks Prestasi Persiapan (IPP). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan IPP mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi ITS. Berdasarkan data profil dan prestasi mahasiswa ITS tahun 2015 maka untuk mengetahui perbedaannya digunakan metode CHAID (Chi-squared Automatic Interaction Detection). Mahasiswa ITS tahun 2015 didominasi oleh mahasiswa non bidikmisi yang berjenis kelamin laki-laki, diterima melalui jalur masuk non SNMPTN, berasal dari jenis sekolah SMA yang berstatus negeri, dan berasal dari daerah Jawa Timur dengan perolehan IPP mayoritas 3,01 hingga 3,50. Hasil segmentasi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan segmentasi antara mahasiswa bidikmisi dan mahasiswa non bidikmisi. Variabel jenis kelamin dan jalur masuk signifikan terhadap IPP mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi, status sekolah hanya signifikan terhadap IPP mahasiswa bidikmisi, jenis sekolah dan asal daerah hanya signifikan terhadap IPP mahasiswa non bidikmisi. Faktor yang paling signifikan terhadap IPP mahasiswa bidikmisi adalah status sekolah sedangkan pada mahasiswa non bidikmisi adalah jalur masuk. Kelompok mahasiswa yang memperoleh nilai IPP rendah pada mahasiswa bidikmisi adalah kelompok mahasiswa yang berasal dari sekolah swasta, sedangkan pada mahasiswa non bidikmisi adalah mahasiswa dengan jalur masuk non SNMPTN yang berjenis kelamin perempuan, berasal dari sekolah non SMA dan berasal dari daerah Jawa Timur dan luar Pulau Jawa.
===========================================================================================
Increasing education distribution to universities is still a problem in Indonesia. Every students have to receive education fee who have good academic but low economic, one of them is bidikmsi. To assess the success or failure students can be seen from the Preparatory Achievement Index or IPP. This research aimed to compare IPP between bidikmisi and non bidikmisi students. Based on data profile and student achievement, to know the differences is used CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection) method. ITS students in 2015 are dominated by non bidikmisi students, male, accepted from non SNMPTN, coming from SMA with state status, and come from East Java with IPP 3,01 to 3,50. The segmentation result indicate that there are differences between bidikmisi and non-bidikmisi students. The segmentation result showed that gender and entry point significant on IPP bidikmisi and non-bidikmisi students. School status only significant on IPP bidikmisi students, type of school and district only significant on IPP non-bidikmisi students. The most significant factor of IPP bidikmisi student is school status whereas in non bidikmisi students is the entry point on ITS. Classification of students who earned low IPP in the bidikmisi students are students who come from private school, whereas for non bidikmisi students are students who accepted from non SNMPTN of female students, coming from non high school students, and from East Java and outside Java.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.56 Hab a
Uncontrolled Keywords: Preparatory Achievement Index, Bidikmisi, Non Bidikmisi, CHAID, Indeks Prestasi Persiapan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Habibah Siska Ibni
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:45
Last Modified: 09 Jan 2018 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47927

Actions (login required)

View Item View Item