Desain Dan Karakteristik Transmisi Hibrid Elektro Mekanik Untuk Kendaraan Bertenaga Hibrid Pada Moda Ecvt Dan Moda Operasi Lainnya

Jamil, Muchammad (2017) Desain Dan Karakteristik Transmisi Hibrid Elektro Mekanik Untuk Kendaraan Bertenaga Hibrid Pada Moda Ecvt Dan Moda Operasi Lainnya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2115205001-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
2115205001-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Engine dan motor masing masing memiliki karakteristik kerja yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat di amati dari kurva karakteristik kerjanya. oleh karna itu penelitian ini mengkaji cara menggabungkan kinerja dariEngine dan dua buah motor listrik kedalam satu transmisi hibrid yang sederhana. untuk menggabungkan kinerjanya maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memfasilitasi kinerja Engine dan dua buah motor agar masing masing dapat bekerja pada kondisi optimalnya. Untuk menggabungkan kinerja Engine dan dua buah motor, maka perlu dilakukan perpaduan atau sintesa terhadap konfigurasi Power Spliting. sintesa dalam penelitian ini adalah perpaduan untuk mendapatkan posisi yang memungkinkan untuk meletakkan Engine, Motor1, Motor 2 serta kopling pada konfigurasi Power Spliting yang ada pada transmisi hibrid. Power Spliting(PS) adalah sistem pada tranmisi hibrid yang berfungsi untuk menggabungkan dua buah daya menjadi satu Output atau sebaliknya dari satu Input di pecah menjadi dua Output. Power Spliting yang akan dikaji disini adalah menggunakan Planetary Gear Set (PGS) satu tingkat.
Hasil perpaduan atau sintesa terhadap Power Spliting didapatkan konfigurasiyang terbaik yaitu pada hasil sintesa ke 8, dimana pada konfigurasi tersebut dapat menghasil moda operasi terbanyak yaitu 12 moda operasi. Hasil Konfigurasi Power Spliting tersebut selanjutnya diwujudkan dalam perwujudan desain yaitu gambar 3 Dimensi rancangan transmisi hibrid. Setiap Moda operasi
x
dianalisa dan divalidasi cara kerjanya menggunakan model Planetary yang sebenarnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Power Spliting menggunakan PGS, dapat digunakan untuk memfasilitasi Engine dan kedua motor listrik agar keduanya dapat bekerja pada kondisi optimalnya dan juga dapat menghasilkan moda ECVT dan beberapa moda operasi lainnya.
====================================================================================================
Engine and motor each have different working characteristics. The differences can be observed on the working characteristic curves. This research to identify how to combine performance between Engine and two electric motors into a simple hybrid transmission. to attain combination, need a system that can facilitate between the Engine and two motors so that its can working in optimum conditions. To combine performance of Engine and two motors, need to take synthesis on Power Spliting configuration. Synthesis in this research is a way to get the position that allows to locate Engine, Motor 1, Motor 2 and clutch on Power Spliting configuration. Power Spliting(PS) is a system in hybrid transmission that use to combine two power sources into single Output power use, or otherwise from single Input power sources to split into two Outputs power use. Power Spliting to be reviewed here is using a single d.o.f Planetary Gear Set (PGS).
The result of synthesis method is 8th Configuration, that able to provide 12 modes of operation. The result of Power Spliting configuration subsequently enbodiment in 3Ddrawing design of hybrid transmission. Each mode of operation is analyzed and validated how it works using a real Planetary model.The conclusion of this research that Power Spliting using PGS can be used to facilitate both of two electrical motor and Engine so that can working in optimum
xii
condition and also can produce ECVT mode of operation andother various modes of operation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM Jam d-1
Uncontrolled Keywords: Transmisi Hibrid, Power Spliting,Planetary Gear Set, konfigurasi,Moda operasi, kopling,Kinerja, Engine, Motor listrik.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: MUCHAMMAD JAMIL MUCHAMMAD JAMIL
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:57
Last Modified: 05 Mar 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48183

Actions (login required)

View Item View Item