Perancangan Mesin Pencetak Jalur PCB Menggunakan Sinar UV Berbasis Arduino Uno

Akbar, Noval Brillianta (2017) Perancangan Mesin Pencetak Jalur PCB Menggunakan Sinar UV Berbasis Arduino Uno. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030082 - Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2214030082 - Non_Degree.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saat ini banyak orang yang menggunakan PCB polos untuk membuat rangkaian karena dengan menggunakan PCB polos kita dapat membuat rangkaian yang vaiatif dan membutuhkan banyak jalur tanpa membutuhkan banyak kabel penghubung. Langkah awal dari pembuatan PCB yaitu dengan menyetrika hasil desain rangkaian pada PCB, yang membutuhkan waktu cukup lama. Pada langkah ini banyak orang mengalami masalah, antara lain jalur pada hasil etching PCB banyak yang putus dikarenakan kurang meratanya proses setrika hasil print. Akibatnya rangkaian tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan Mesin etching PCB yang mampu bekerja secara otomatis. Hal ini mampu menghasilkan hasil rangkaian yang diinginkan dengan waktu yang lebih singkat dan lebih baik. Pada Tugas Akhir ini, dirancang suatu alat pencetak jalur PCB menggunakan Sinar UV. PCB akan masuk kedalam kotak mesin printing sinar UV . Pada proses ini hasil print akan dicetak dengan menggunakan sinar UV. Sinar UV yang digunakan berasal dari deret LED UV dan lampu UV Neon. Dengan adanya alat ini mampu mempermudah seseorang dalam mencetak jalur rangkaian secara detail dan membuat PCB dengan ukuran maksimal 20cm x 20cm. Jalur yang tercetak pada alat ini bergantung pada besar/kecilnya jalur yang dibuat di software pembuat rangkaian, misalnya EAGLE. Jalur rangkaian yang dibutuhkan untuk mencetak jalur dengan jelas yakni selama 1-2 menit. Jika kurang dari 1 menit maka negative dry film photoresist yang digunakan tidak tercetak jelas pada PCB. Sedangkan apabila penyinaran lebih dari 2 menit maka negative dry film photoresist yang terkena sinar UV akan meyebar melebihi area penyinaran. Jalur yang dapat tercetak dengan menggunakan alat ini yaitu minimal 0.012 inci yang dibuat di EAGLE

==================================================================

Nowadays, there are many people using PCB plain to make a circuit because when using PCB plain we can make many variative circuits that can set up circuits without many jumper cables. The first step to design PCB is to iron the printed circuit to the plain PCB. It usually takes time and make people bored. On this step, people experience problems, such as many connections printed to the PCB are broken that is caused by the iron process are not uniform to or they are less-ironed. As result, the circuit printed on PCB cannot work as desired. Therefore, a PCB etching machine is required to work in automatic. It is capable of producing the desired circuit on PCB that is efficiently in time and better result. In this Final Project, PCB circuit printing tool using UV Light is designed. PCB will enter into the printing box. In this process, the design of PCB will be printed using UV light. The UV lights used here are produced from UV LED array and UV lamp. The designed tool here can facilitate someone in making the circuit with a maximum size is 20cm x 20cm. The circui printed by this tool depends on the size of the circuit conection made in some software to design circuit, such as EAGLE. The time required to print the circuit is around 1 – 2 minutes. If it is less than 1 minute, the negative dry film photoresist cannot clearly print the circuit connection and paths. If it is more than 2 minutes, many paths and connection will be spreaded that make short path of the circuit. The experiments showed that the path that can be printed is 0.012 inch in EAGLE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PCB, Sinar UV, Negative Dry Film Photoresist
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Noval Brillianta Akbar
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:58
Last Modified: 05 Mar 2019 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48216

Actions (login required)

View Item View Item