Peramalan penjualan sepeda motor yamaha di Kota Surabaya dengan pendekatan ARIMA box-jenkins dan vector autoregressive (VAR)

Yanti, Arieska Dwi (2017) Peramalan penjualan sepeda motor yamaha di Kota Surabaya dengan pendekatan ARIMA box-jenkins dan vector autoregressive (VAR). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1315105036-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
1315105036-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Transportasi jenis sepeda motor masih sangat diminati masyarakat karena dari segi harga yang sudah banyak kalangan yang bisa menjangkau. Peminat sepeda motor kian meningkat setiap tahun. Penjualan sepeda motor di Provinsi Jawa Timur khususnya Kota Surabaya terbilang cukup tinggi karena tingginya pula jumlah penduduk usia produktif. Merek sepeda motor yang memiliki banyak peminat salah satunya ialah Yamaha, yang menduduki pangsa pasar kedua. Tingginya penjualan sepeda motor merek Yamaha diperlukan adanya prediksi permintaan penjualan sepeda motor. Penjualan tipe paling tinggi ialah tipe matic, yang kedua ialah tipe sport, dan yang terakhir penjualan tipe cub. Prediksi penjualan akan dilakukan pada dua tipe sepeda motor dengan penjualan tertinggi. Dugaan bahwa selain memiliki keterkaitan dengan kejadian pada waktu sebelumnya, antar penjualan tipe sepeda motor juga saling mempengaruhi. Sehingga, dalam analisis ini, pemodelan dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu ARIMA dan VAR. Pada pemodelan ARIMA didapatkan model yang terbaik meramalkan 15 periode untuk tipe matic menggunakan model ARIMA([5,16],0,[4]) dengan nilai RMSE sebesar 143,1741, sedangkan untuk tipe sport menggunakan model ARIMA([5,16],0,0) dengan nilai RMSE sebesar 35,29727. Pada pemodelan VAR didapatkan model terbaik menggunakan VARIMA(4,1,0) dengan nilai RMSE untuk matic 196,24 sedangkan untuk sport 34,89. Model terbaik untuk meramalkan penjualan kedua tipe sepeda motor Yamaha ialah secara univariate menggunakan ARIMA, karena secara multivariate penjualan antar tipe tidak saling mempengaruhi.
=================================================================
Motorcycles are still become choices from the people because of the affordable price to many people. in the East Java, exactly in Surabaya the selling amount is quite high because of the high number of population of productive age. One of the popular motorcycle brand is Yamaha, which occupied the second market share. The high amount of Yamaha’s sales required the prediction of motorcycle sales demand. The highest number of sales is scooter, the second is sport type, and the last is cub type. Sales prediction will be done on two types of motorcycles with the highest sales. prediction that beside it had a correlation with the previous time, motorcycle types also affect each other. Thus, in this analysis, modeling is done using two approaches ARIMA and VAR. In ARIMA modeling, the best model predicted 15 periods for scooter type using ARIMA model ([5,16], 0, [4]) with RMSE value of 143.1741, and then sport type using ARIMA model ([ 16],0,0) with a RMSE value of 35.29727. In VAR modeling it obtained the best model using VARIMA (4,1,0) with RMSE value for scooter 196.24 and then for sport 34.89. The best model to forecast sales of both Yamaha motorcycles is univariate using ARIMA, because multivariate sales between types don’t affect each other.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.287 Yan p
Uncontrolled Keywords: ARIMA, Sepeda Motor, VARIMA, Yamaha, Motorcycles
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arieska Dwi Yanti
Date Deposited: 25 Oct 2017 01:52
Last Modified: 05 Mar 2019 04:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48512

Actions (login required)

View Item View Item