Analisis Frekuensi Optimum Pengujian Pedalling Fatigue Pada Berbagai Rangka Sepeda Tipe Trekking Dengan Metode Elemen Hingga

Ichsan, Diana Kamaliyah (2016) Analisis Frekuensi Optimum Pengujian Pedalling Fatigue Pada Berbagai Rangka Sepeda Tipe Trekking Dengan Metode Elemen Hingga. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2712100038-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2712100038-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan simulasi pengujian pedalling fatigue pada 3 desain frame sepeda jenis trekking pada frekuensi 1-6Hz dengan menggunakan software ANSYS APDL 15.0. Material frame sepeda adalah Aluminium 6061T6. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mendapatkan analisis frekuensi optimum pengujian yang berstandar ISO 4210-6-2014 serta pengaruh sudut pembebanan pada frekuensi pegujian pedalling fatigue. Pengujian ini dilakukan dengan memberikan beban berulang sebesar 1000N pada ujung pedal dengan sudut 7.5o dari sumbu vertikal hingga mencapai 100.000 siklus serta memberikan variasi sudut pembebanan 15o , 30o dan 45o dari sumbu vertikal. Dari simulasi yang telah dilakukan diperoleh frekuensi yang aman untuk desain A pada 1-2Hz, desain B 1-3Hz dan desain C 1-3Hz. Dari data tersebut dapat diperoleh frekuensi optimum pengujian untuk sepeda jenis trekking adalah 2Hz serta diperoleh sudut maksimum pada pembebanan 15o dari arah vertikal dengan frekuensi aman pada 1-2 Hz.
====================================================================
Pedalling fatigue simulation in frequency range between 1-6 Hz on three designs of trekking bike frame has been done by ANSYS APDL 15.0. Aluminium 6061T6 was used for bike frame material. This simulation was perfomed to obtain optimum frequency analysis according to ISO standard 4210-6-2014 testing and to analyze influence of loading angle in pedalling fatigue testing. In this observation, 1000N repeated load with 7.5-degree angles from vertical axis was given on the pedal tip up to 100,000 cycles and given loading angle variation of 15 , 30 , 40-degree angle from vertical axis. Based on this simulation, result safe frequency was obtained in each design, 1-2Hz for design A, 1-3 Hz for design B, and 1-3 Hz for design C. Hence, refer to frequency value of three models of trekking bicycle, the optimum frequency for fatigue testing is 2 Hz and maximum angle of loading is 15-degree from vertical axis with safe frequency of 1-2 Hz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 620.112 Ich a
Uncontrolled Keywords: Pedalling Fatigue , frekuensi optimum, ANSYS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2017 02:10
Last Modified: 29 Sep 2017 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48802

Actions (login required)

View Item View Item