Peningkatan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Pantai Talang Siring Di Kabupaten Pamekasan

Rizkiyani, Alifiana Hafidian (2016) Peningkatan Kualitas Pelayanan Objek Wisata Pantai Talang Siring Di Kabupaten Pamekasan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113201407-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9113201407-Master Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam mengembangkan produk jasa di wisata pantai Talang Siring, diperlukan
adanya upaya untuk meningkatkan kualitas produk wisata. Melihat dari penurunan jumlah
wisatawan dari tahun ke tahun, membuktikan bahwa produk wisata pantai Talang Siring
belum dikelola dengan baik dan maksimal.
Populasi penelitian adalah wisatawan pantai Talang Siring dengan jumlah 16.404
wisatawan. Jumlah sampel sebanyak 98 orang dengan menggunakan metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan rumus Slovin. Analisis yang
digunakan dalam mengetahui kesesuaian antara harapan dan kenyatakan, dugunakan model
diagram Kartesius. Hasil yang didapat dari Diagram Kartesius diolah dengan House of
Quality di QFD.
Hasil dari analisis Servqual dan QFD menunjukkan bahwa prioritas utama dalam
upaya peningkatan kualitas pelayanan pantai Talang Siring yaitu:(1) konservasi mangrove
untuk membantu pemulihan SDA dan dapat menjadi bank hidup ekosistem pantai, (2)
mengadakan event culture tourism yang dilakukan secara rutin dan keramah – tamahan
budaya masyarakat Madura, (3) memberikan bekal edukasi kepada nelayan agar melakukan
hal yang benar dalam melakukan aktivitasnya sehingga tidak merusak biota laut, (4)
mengikuti event nasional dan internasional guna memperkenalkan potensi wisata, dan (5)
melakukan kegiatan promosi dari media cetak, membuat web khusus ODTW.
===============================================================================================
In developing beach tourism product and services in Talang siring, efforts
are required to improve the quality of tourism products. Judging from the
reduction in the number of tourists from year to year, proving that the beach
tourism products Gutter siring not managed properly and optimally.
The study population was a tourist beach Talang siring the number 16 404
tourists. The total sample of 98 people using the sampling method used is
purposive sampling and Slovin formula. The analysis used in knowing the fit
between the expectations and kenyatakan, dugunakan models Cartesian diagram.
The results of the Cartesian diagram is processed with the House of Quality in
QFD.
Results of the analysis of SERVQUAL and QFD shows that the top
priority in efforts to improve service quality beach Gutter siring namely: (1) the
conservation of mangroves to help the recovery of natural resources and can be a
bank of life of coastal ecosystems, (2) holding an event culture tourism are carried
out routinely and hospitality - hospitality culture of Madura, (3) provide supplies
educating fishermen to do the right thing in their activities so as not to damage the
marine biota, (4) following the national and international events in order to
introduce tourism potential, and (5) promotional activities of media print, create a
special web ODTW.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.562 Riz p
Uncontrolled Keywords: Wisata Pantai, Servqual, Quality Function Development (QFD)
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:08
Last Modified: 27 Dec 2018 06:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48983

Actions (login required)

View Item View Item