Tinjauan Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Metode Full Outfitting Block System (FOBS) Pada Produksi Pembangunan Kapal OHBC M142/143 Di PT PAL Indonesia

Hadi, Sucipto (2002) Tinjauan Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Metode Full Outfitting Block System (FOBS) Pada Produksi Pembangunan Kapal OHBC M142/143 Di PT PAL Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4299109604-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Teknologi pembangunan kapal dewasa ini mengalami kemajuan yang sangat cepat sebagru cootoh dewasa mi dikembangkan software terapan yang canggih untuk komputerais dalam proses pcrencanaan, sedangkang untuk proses pembangunannya dikembangkan metode pembangunan dengan fasilitas produksi yang serba canggih dan terkontrol atau dengan fasititas yang diptmyai galangan kapal. Unnak saat mi PT PAL INDONESIA mengembangkan metode produksi pembangunan kapal yang bam dan diharapkan dengan metode ini untuk pembangunan kapal OH.DC MJ 42!143 lebih cepat, baik dan berkwalitas dengan didukung dengrut sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya. Adapun metode yang digunakan ada lah Full Outfitting Block System (FOBS), dimaoa pada proses pembangunannya semua pekerjaan outfitting diusahakan dikerjaan didalam block dengan melillat kemampuan fasilitas galangan yang ada. Sehingga dalarn proses pembangunan untuk senap block direncanakan dengan memperhinrungkan berat block tersebut dengan disesuaikan kemampuan fasilitas galangan tersebut. Pada metode FOBS diharapkan dapat mcnJadi solusi dalam proses pembangunan kapal, sehingga untuk selanJublya dapat menJadi acuan dalam pembangunan kapal berikutnya Sehingga PT. PAL INDONESIA mampu bersaing dengan galangan yang lain baik nasional maupaun galangan intemasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.83 Had t
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2018 02:50
Last Modified: 16 Jan 2018 02:50
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/49377

Actions (login required)

View Item View Item