Algoritma Time-based Alpha Miner untuk Memodelkan Proses Bisnis dan Pengoptimasian Menggunakan Sistem Manufaktur Fleksibel di Terminal Petikemas

Efendi, Yutika Amelia (2017) Algoritma Time-based Alpha Miner untuk Memodelkan Proses Bisnis dan Pengoptimasian Menggunakan Sistem Manufaktur Fleksibel di Terminal Petikemas. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111650010033-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05111650010033-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen proses bisnis dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu dan biaya yang optimum. Waktu yang optimum dapat dicapai dengan menambah sumber daya. Sedangkan, biaya yang optimum dapat dicapai dengan mengurangi sumber daya. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang dapat mengoptimasi proses bisnis. Namun, optimasi hanya dapat bekerja apabila ada data model proses bisnis. Sehingga juga diperlukan sistem yang dapat mengenali proses bisnis.
Proses bisnis bisa diperoleh dengan menggunakan teknik process discovery yang bekerja dengan menggali relasi dari data log. Relasi tersebut adalah sequence, paralel (XOR, OR, dan AND). Process discovery yang sudah ada dapat menggali relasi paralel (XOR, OR, dan AND), sequence, perulangan (loop), non-free choice, dan invisible task. Selain itu, sebagian besar process discovery yang sudah ada juga menggunakan single timestamp untuk menemukan model proses. Di dalam penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya, aktivitas dapat diparalelkan dengan cara mengetahui hubungan resiprokal (misal: aktivitas A berelasi sequence kepada aktivitas B dan sebaliknya) antaraktivitas untuk menggali relasi paralel dalam data log. Misal trace AB, BA untuk paralel antara aktivitas A dan B. Namun, tidak dikaitkan dengan kondisi yang dibutuhkan untuk memparalelkan kedua aktivitas di data log.
Untuk memparalelkan sebuah proses bisnis, aktivitas yang independen harus diidentifikasi terlebih dahulu, seperti aktivitas manakah dari proses bisnis yang dapat dilakukan bersamaan. Tingkat paralelisme tertinggi dicapai jika jumlah aktivitas yang diidentifikasi sebagai independen dapat dimaksimalkan. Secara umum, identifikasi ini didasarkan pada waktu dan tempat eksekusi aktivitas, aktivitas dapat di paralelisasi jika aktivitas pada entitas simulasi yang sama dijalankan dalam urutan timestamp. Untuk meningkatkan tingkat paralelisme, kami mengusulkan sebuah pendekatan baru yang mengidentifikasi kriteria independensi lain: Jika dua aktivitas pada entitas simulasi yang sama mengakses item data yang sama dengan cara yang berbeda, mereka dapat dieksekusi secara paralel.
Pada Tesis ini akan diusulkan kondisi yang diperlukan untuk memparalelkan dua kegiatan di dalam data log dan mengembangkan sistem yang dapat memodelkan relasi proses bisnis secara otomatis dan dapat mengoptimasi biaya dan waktu sekaligus. Optimasi biaya dan waktu dilakukan dengan mempertimbangkan sumber daya (machine) dengan menggunakan Sistem Manufaktur Fleksibel (FMS) untuk memperoleh jumlah total mesin dapat berganti fungsi dalam satu hari dan satu bulan serta Goal Programming yang digunakan untuk mengoptimasi biaya dan waktu dari setiap departemen sehingga menghasilkan nilai waktu dan biaya yang optimum.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa algoritma Modified Time-based Alpha Miner dapat menemukan model proses dengan benar serta relasi paralel AND, OR dan XOR, sementara algoritma original Alpha hanya dapat mengkategorikan relasi paralel menjadi AND dan XOR. Setelah model proses ditemukan, dengan menggunakan Sistem Manufaktur Fleksibel, Departemen Behandle dan Karantina dapat dieksekusi paralel dengan merubah fungsi mesin RTGC menjadi HT Truck. Dengan menggunakan kakas bantu LEKIN dan metode First Come First Serve (FCFS), hasil penjadwalan di Terminal Petikemas dapat diketahui berdasarkan jenis containernya. Lalu, hasil optimasi dengan Goal programming adalah waktu maksimum setiap aktivitas yang diminimalkan menjadi rata-rata durasi eksekusi per aktivitas dan biaya yang dapat dihemat dari waktu maksimum tersebut.

======================================================================================
Bussiness process management is used to produce product within optimized time and cost. The optimized time can be achieved by adding resource; whereas, the optimized cost can be achieved by decreasing resource. Therefore, it is needed a system to optimize business process. However, the optimization only works if business process model available. Hence, it is also needed a system to discover business process.
Business process can be obtained by using process discovery technique that works by mining relation from event log. The relation which can be obtained is sequence and parallel (XOR, OR, and AND). Existing process discovery can discover the parallel relations (XOR, OR, and AND), sequence, loop, non-free choice, and invisible task. In addition, most existing discovery processes use single timestamp to discover the process model. In previous study done by researchers, activity can be paralleled by knowing the reciprocal relationship (e.g. activity A has sequence relation to activity B and vice versa) to mine the parallel relation in the event log, e.g. trace AB, BA to parallel between activity A and B. However, it does not have necessary condition to parallelize the two activities in the event log.
To parallelize simulations of business process, independent activities have to be identified, which can be executed concurrently. The highest level of parallelism is achieved if the number of activities identified as independent is maximized. Traditionally, this identification is based on time and location of activities, only allowing parallelization if activities on the same simulation entity are executed in timestamp order. To increase the level of parallelism, we propose a novel approach investigating another criterion for independence: If two activities on the same simulation entity do not access the same data items in a conflicting manner, they can as well be executed in parallel.
In this Thesis research, we will propose the necessary conditions to parallelize two activities in the event log and develop a system that can model business processes automatically and can optimize the cost and time at once. Cost and time optimization is done by considering the resources (machine) by using Flexible Manufacturing System (FMS) to obtain the total number of machines can change the function in one day and one month and Goal Programming which is used to optimize cost and time of each department so as to generate value optimum time and cost.
The experimental results show that Modified Time-based Alpha Miner algorithm can find process models correctly and gateway parallel AND, OR and XOR, while the original Alpha Miner algorithm can only categorize parallel relations into AND and XOR. Once the modeling process is found, using the Flexible Manufacturing System, the Behandle and Quarantine departments can be executed parallel by changing the function of the RTGC engine to HT Truck. By using LEKIN tools and First Come First Serve (FCFS) method, the scheduling result in container terminal can be known based on container type. Then, the optimization result with Goal programming is the maximum time each activity is minimized to the average duration of execution per activity and the cost can be saved from that maximum time.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTIf 658.403 52 Eff a-1 3100018074505
Uncontrolled Keywords: optimasi waktu dan biaya, double timestamp data log, sistem manufaktur fleksibel, FMS, proses bisnis, overlap time, algoritma Alpha, completeness, interval waktu, goal programming
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yutika Amelia Effendi
Date Deposited: 05 Mar 2018 03:48
Last Modified: 02 Jul 2020 05:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49705

Actions (login required)

View Item View Item