Analisa Transient Respon Secon Order Akibat Variasi Peredaman dan Kekentalan Oli pada Instrumen Pengendalian Feedback Tipe PCM140

Mulyansyah, Ibnu (2018) Analisa Transient Respon Secon Order Akibat Variasi Peredaman dan Kekentalan Oli pada Instrumen Pengendalian Feedback Tipe PCM140. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04211545000015_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk pengaplikasian sistem pneumatis biasanya dijumpai hampir pada seluruh sektor- sektor industri, seperti bidang perkapalan sendiri, salah satu sistem kontroler pneumatis dapat ditemukan adalah pada bagian ramp door kapal. Secara sederhana prinsip dari kontrol otomatis, yaitu membandingkan nilai yang sebenarnya dari keluaran (output) sistem secara keseluruhan (plant) dengan mengacu pada masukan (input). Berdasarkan proses pengendaliannya, sistem kontrol dibedakan menjadi rangkaian terbuka (open loop) dan tertutup (closed loop) Untuk menguji performa dari instrumen feedback tipe PCM140 dapat menggunakan sinyal uji untuk mengetahui respon sistem, diantaranya adalah sinyal step, ramp, dan sinusoidal. Pada sistem orde kedua menggunakan peredaman pada sistem sehingga muncul karakteristik berupa damping ratio dan overshoot. Pada penelitian ini lebih terfokus pada teori second order, dimana pada penelitian ini akan dilakukan variasi gaya redam pada settingan dashpot ( 1 sampai 12 ) terhadap respon sistem serta variasi kekentalan oli terhadap gaya redam dengan menggunakan teori second order pada instrumen feedback tipe PCM140. Pada hasil analisa 3 jenis oli ( SAE 10 w 30 L, SAE 10 w 40 L dan 15 w 50 L), didapatkan hasil pada pengujian step respon bahwa semakin besar peredaman maka overshoot yang terjadi akan semakin kecil. Pada pengujian ramp respon bahwa semakin besar peredaman yang dihasilkan maka semakin lama waktu delay yang terjadi. Kemudian pada pengujian sinusoidal respon bahwa semakin besar peredaman yang dihasilkan maka semakin besar nilai frekuensi sinusoidalnya juga semakin besar juga sudut fase dan amplitudo nya. Dan juga ketiga jenis oli yang digunakan merupakan peredaman underdamped. ======================================================================================================= For the application of pneumatic systems usually found in almost all industrial sectors, such as the field of shipping itself, one of the pneumatic controller systems can be found is on the ship's ramp door. In simple terms the principle of automatic control, which is to compare the actual value of the output (output) system as a whole (plant) with reference to the input (input). Based on the control process, the control system is divided into open loop and closed loop. To test the performance of the feedback instrument PCM140 type can use the test signal to determine the system response, including step, ramp and sinusoidal signals. In the second-order system using the damping on the system so that the characteristics appear in the form of damping ratio and overshoot. In this research more focused on second order theory, where in this research will be done variation of dammy style at dashpot setting (1 to 12) to system response and variation of oil viscosity to force of red by using second order theory on feedback instrument type PCM140. In the analysis of 3 types of oil (SAE 10 w 30 L, SAE 10 w 40 L and 15 w 50 L), the results obtained on the step response test that the greater the damping then the overshoot will happen the smaller. In testing the ramp response that the greater the resulting damping the longer the delay time. Then on the test sinusoidal response that the greater the resulting damping the greater the frequency value sinusoidal also the greater the phase angle and its amplitude. And also the three types of oil used is Underdamped damping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.804 5 Mul a-1 3100018074632
Uncontrolled Keywords: sistem kontrol; pnuematis; respon sistem; step; input; sinusoidal; variasi; damping ratio; overshoot; frekuensi; underdamped
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ibnu Mulyansyah
Date Deposited: 22 Jan 2018 03:16
Last Modified: 01 Jul 2020 05:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/49815

Actions (login required)

View Item View Item