Analisis Pengaruh Parameter Operasional terhadap Perilaku Belok dan Stabilitas pada Panser Anoa 6X6 APC

Yusviva, Sanditra Muda (2018) Analisis Pengaruh Parameter Operasional terhadap Perilaku Belok dan Stabilitas pada Panser Anoa 6X6 APC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2112100067-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2112100067-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam menjaga keamanan dan pertahanan NKRI, lembaga-lembaga seperti TNI dan POLRI memerlukan dukungan kelengkapan-kelengkapan yang optimal, baik kelengkapan diri, persenjataan, dan kendaraan khusus militer. Salah satu kendaraan khusus militer buatan Indonesia yang telah dipergunakan di dalam negeri maupun luar negeri adalah Panser Anoa 6x6 APC. Panser Anoa 6x6 APC merupakan kendaraan khusus yang didesain sebagai kendaraan support dalam medan pertempuran, dimana Panser Anoa dapat difungsikan sebagai pengangkut personel militer, unit ambulans, unit derek dan reparasi, maupun sebagai unit support fire. Keberhasilan Panser Anoa 6x6 APC dalam operasi-operasi militer harus didukung dengan performa handling dan stabilitas yang mumpuni. Untuk itu, perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui pengaruh variabel kecepatan, steering angle, dan kondisi permukaan medan terhadap perilaku belok kendaraan sebagai acuan bagi para personel militer dan engineer untuk mengetahui karakter handling dari Panser Anoa 6x6 APC yang merupakan khusus dengan 6 roda (six-wheeled vehicle).
Pada penelitian tugas akhir ini, penulis akan melakukan tiga metode analisis, yaitu analisis slip, skid, dan guling dengan beberapa variasi parameter yaitu kecepatan berkendara, steering angle, dan kondisi permukaan medan. Analisis, dilakukan dengan menentukan titik center of gravity dari kendaraan. Setelah itu dilakukan penentuan nilai radius belok Ackermann berdasarkan geometri dari sasis kendaraan. Kemudian dilakukan perhitungan sudut side slip dan gaya-gaya yang bekerja pada kendaraan dan reaksinya. Setelah gaya-gaya tersebut diketahui, momen momen gaya yang bekerja akan ditentukan untuk dapat melakukan analisis slip, skid, dan guling. Analisis slip dilakukan untuk mengetahui besarnya sudut-sudut slip yang terjadi di roda depan dan roda belakang dari kendaraan untuk mengetahui kondisi berbelok dari kendaraan, baik oversteer, understeer, maupun netral. Analisis skid dilakukan untuk mengetahui perbandingan antara gaya gesek dengan gaya-gaya lateral yang terjadi pada ban untuk mengetahui kondisi skid atau tidak skid-nya kendaraan saat berbelok. Sedangkan analisis guling dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh body kendaraan berguling ke samping saat kendaraan berbelok.
Setelah dilakukan penelitian, pada tugas akhir ini didapatkan bahwa kondisi belok paling baik pada Panser Anoa 6x6 APC adalah ketika kendaraan berbelok pada kecepatan 60 Km/Jam dengan sudut belok 12˚ di permukaan jalan tanah, dimana kendaraan mengalami kondisi understeer yang paling sedikit dan koefisien understeer yang bernilai positif terkecil yaitu 0,9265. Namun, selaras dengan teori, kendaraan akan lebih tidak mudah mengalami skid ketika melintasi jalan aspal daripada melintasi jalan tanah. Kemudian, sesuai dengan analisa slip, dan indeks KUS, Panser Anoa 6x6 APC memiliki karakter handling yang bersifat understeer, dimana nilai sudut slip depan selalu lebih besar dari sudut slip belakang dan nilai indeks KUS selalu bernilai positif pada tiap rentang kecepatan dan sudut belok yang digunakan pada penelitian. Demikian juga, semakin besar sudut belok yang diberikan maka kecepatan skid dan guling kendaraan akan semakin menurun, dimana berdasarkan analisa skid dapat disimpulkan bahwa Panser Anoa 6x6 APC memiliki kecenderungan untuk sedikit oversteer karena kecepatan skid depan yang nilainya sedikit lebih tinggi daripada kecepatan skid belakang. Demikian halnya dengan analisa guling dimana dapat disimpulkan bahwa Panser Anoa 6x6 APC memiliki kecenderungan untuk sedikit oversteer karena batas kecepatan guling roda depan yang nilainya sedikit lebih tinggi daripada batas kecepatan guling roda belakang. Terakhir, didapat bahwa semakin besar sudut belok dan kecepatan yang diberikan maka besarnya sudut guling yang terjadi akan semakin meningkat. Pada kecepatan 40 Km/jam, sudut guling depan yang terjadi adalah 6,093° untuk sudut belok 8°, 7,605° untuk sudut belok 10°, dan 9,109° untuk sudut belok 23,44°.

========================================================================================================

To ensure the defense and security of Republic of Indonesia, the national state institutions such as TNI and POLRI will need optimal supports in defense equipments, be it personal equipments, ordnance and armaments, or special military vehicles. One of the renowned local made military vehicle that has seen deployment both domestically and internationally is the Panser Anoa 6x6 APC. The Panser Anoa 6x6 APC is a special made military vehicle that is designed to perform supportive roles in combat, such as personnel carrier, ambulance, tow and repair services, as well as support fire units. Its successes in combat and military operations have to be backed with very good stability and handling performance. Thus, an analysis to observe the effects of vehicle speed, steering angle, and road surfaces condition towards the vehicle’s handling characteristics and stability is should be done, for Panser Anoa 6X6 APC is a uniquely configurated bespoke six-wheeled vehicle.
In this final assignment project, the research will be conducted using three different methods, which are slip analysis, skid analysis, and roll analysis. The foremost step is to determine the position of the vehicle’s center of gravity. The next step is to determine the Ackermann turning radius based on the vehicle’s chassis geometry. After which, the side slip angles of each tires, their apparent forces and their moment of forces can be determined. These forces and the moment of forces can be used in the slip, skid, and roll analysis. Slip analysis is used to determine the amount of slip angles that occur in each tire, which in advance can be used to determine the turning behavior; neutral, understeer, or oversteer. Skid analysis is used to compare the tire friction to the lateral forces that occur in each tire, which can be used to determine whether a tire has experienced a skid or not. The last analysis, the roll analysis, is used to determine how far the vehicle’s body undergo a roll during a turn based on the vertical forces that occur in each tire.

The research concludes that the best turning condition for Panser Anoa 6X6 APC is at 60 Km/h with 12˚ turning angle on a dirt surface, where the vehicle behavior is understeer at the smallest positive KUS value of 0,9265. However, conforming the theory, the vehicle will not skid so easily on an asphalt surface. As fas as slip analysis and KUS goes, the vehicle tends towards understeer behavior, because the front tires always have larger slip values than the rear and the KUS values in all speeds and turning angles is always positive. The larger the turning angle is, the skid and roll critical speeds will decrease, where as far as skid analysis goes, the vehicle behavior is slightly oversteer because of the front tires critical skid speed values are always higher than rear tires, albeit not so significant. The same goes for the roll analysis where the vehicle behavior is slightly oversteer because of the front tires critical roll speed are always higher than rear tires, albeit not so significant. The last conclusion is that the higher the vehicle speed and turning angle, the occuring roll angle for the vehicle body will get larger as well. At 40 Km/h, the roll angle at the front axle is 6,093°, 7,605°, and 9,109° for turning angles 8°, 10°, and 12°, respectively.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Six-wheeled Vehicle, Understeer, Oversteer, Slip, Skid, Roll, Handling Performance.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yusviva Sanditra Muda
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:39
Last Modified: 22 Jul 2020 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50088

Actions (login required)

View Item View Item