Perbandingan Pondasi Bangunan Bertingkat Untuk Pondasi Dangkal dengan Variasi Perbaikan Tanah dan Pondasi Dalam Studi Kasus Pertokoan di Pakuwon City Surabaya

Hartanto, Adrian (2017) Perbandingan Pondasi Bangunan Bertingkat Untuk Pondasi Dangkal dengan Variasi Perbaikan Tanah dan Pondasi Dalam Studi Kasus Pertokoan di Pakuwon City Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100060-Undergraduate_Theses.pdf] Text
3114100060-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Proyek yang diambil dalam Tugas Akhir ini adalah komplek pertokoan Pakuwon Town Square (PATOS) yang berada di komplek perumahan Pakuwon City Surabaya. Komplek pertokoan ini telah didirikan setinggi 2 hingga 3 lantai dengan menggunakan pondasi dalam micropile sedalam 21 meter. Penulis merencanakan ulang pondasi komplek pertokoan ini dengan variasi ketinggian 3 lantai, 4 lantai, 5 lantai dan 6 lantai dengan menggunakan pondasi dangkal dan dua metode perbaikan tanah.
Kawasan proyek Pakuwon Town Square ini memiliki jenis tanah lunak dengan tebal lapisan compreesible sedalam 15 meter dengan jenis tanah lempung lunak. Dengan kondisi tanah seperti itu, pemampatan tanah yang terjadi cukup besar. Untuk mempercepat proses konsolidasi tanah, dilakukan perbaikan tanah menggunakan metode preloading dengan PVD (Prefabricated Vertical Drain) dan metode vacuum preloading yang kemudian akan dibandingkan dan diambil alternatif yang termurah. PVD akan dipasang sedalam lapisan compressible yaitu sedalam 15 meter. Penggunaan PVD untuk perbaikan tanah akan membuat waktu pemampatan primer terjadi sangat cepat sehingga terjadinya pemampatan sekunder menjadi lebih awal. Oleh karena itu pemampatan sekunder diperhitungkan dalam Tugas Akhir ini.
Pemampatan sekunder yang terjadi dalam perencanaan di Tugas Akhir ini cukup besar oleh karena itu dilakukan penambahan beban timbunan dalam perbaikan tanah menggunakan PVD. Tujuannnya adalah untuk menghilangkan pemampatan sekunder yang diasumsikan terjadi 5 tahun setelah pemampatan primer selesai. Sehingga setelah perbaikan tanah selesai, proses pemampatan primer dan sekunder juga telah selesai.
Pada Tugas Akhir ini direncanakan struktur pondasi 3 lantai, 4 lantai, 5 lantai dan 6 lantai dengan menggunakan 3 alternatif, yaitu pondasi tiang pancang, pondasi rakit dengan perbaikan tanah menggunakan PVD serta pondasi rakit dengan perbaikan tanah menggunakan vacuum preloading. Perencanaan pondasi rakit dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan geoteknik dengan permodelan struktur 3 dimensi untuk mendapatkan struktur pondasi yang kaku sehingga tidak menyebabkan differential settlement. Dari hasil perhitungan dalam Tugas Akhir ini maka didapatkan alternatif yang termurah untuk gedung 3, 4 dan 5 lantai adalah penggunaan pondasi dangkal dengan metode perbaikan tanah vacuum preloading dengan biaya Rp.2,963,207,662 untuk gedung 3 lantai, Rp.4,160,933,839 untuk gedung 4 lantai, Rp.6,039,707,940 untuk gedung 5 lantai, sedangkan untuk gedung 6 lantai adalah penggunaan pondasi tiang pancang dengan biaya Rp.7,884,668,852 untuk gedung 6 lantai.
============== Projects taken in this Final Project is a shopping complex Pakuwon Town Square (PATOS) residing in the residential complex Pakuwon City Surabaya. This shopping complex has been established as high as 2 to 3 floors by using a foundation in a micropile as deep as 21 meters. The authors re-design the foundation of this shopping complex with varying heights of 3 floors, 4 floors, 5 floors and 6 floors using shallow foundations and two methods of soil improvement.
Pakuwon Town Square project area has a soft soil type with a thick layer of compreesible as deep as 15 meters with soft clay soil type. With such a soil condition, the soil settlement is quite large. To accelerate the soil settlement consolidation process, soil improvement is accomplished using preloading with PVD (Prefabricated Vertical Drain) and vacuum preloading method. Futhermore, they are compared and taken the cheapest alternative. PVD will be installed as deep as compressible layer that is as deep as 15 meter. The use of PVD for soil improvement will make the primary compression time occur faster so that the occurance of secondary compression becomes earlier. Therefore, secondary compression is taken into account in this Final Project.
The secondary settlement is large enough, therefore an increase of embankment load in the soil improvement using PVD. The goal is to eliminate the secondary compression that is assumed to occur 5 years after primary compression is. So after the soil improvements are completed, the primary and secondary compression processes have also been completed.
In this final project is planned 3 floor, 4 floor, 5 floor and 6 floor foundation structure using 3 alternatives, namely pile foundation, raft foundation with soil improvement using PVD and raft foundation with soil improvement using vacuum preloading. Planning of raft foundation is done by using geotechnical approach with 3 dimensional structure modeling to get rigid foundation structure so it does not cause differential settlement. From the calculation result in this final project, it is found that the cheapest alternative for 3, 4 and 5 floor building is the use of raft foundation with vacuum preloading method with cost Rp.2,963,207,662 for 3 floor building, Rp.4,160,933,839 for 4 floor building, Rp.6,039,707,940 for 5 floor building, meanwhile the cheapest alternative for 6 floor building is the use of deep foundation with driven pile method with cost Rp. 7,884,668,852 for 6 floor building.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pondasi Dangkal; Pondasi Dalam; Tanah Lunak; Preloading; PVD; Vacuum Preloading; Foundation; Deep Foundation; Soft Soil; Preloading
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: Adrian Hartanto
Date Deposited: 23 Feb 2018 04:20
Last Modified: 23 Feb 2018 04:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50191

Actions (login required)

View Item View Item