Perancangan Dan Analisis Karakteristik Traksi Pada Mobil Multiguna Pedesaan Waprodes

Rahman, Radian Fauzia (2018) Perancangan Dan Analisis Karakteristik Traksi Pada Mobil Multiguna Pedesaan Waprodes. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
A5.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mobil WAPRODES merupakan mobil serbaguna karena mempunyai tiga fungsi yaitu untuk memuat barang dengan kapasitas maksimal 1500 Kg, menggerakan alat pertanian, serta dapat memuat delapan orang. Mobil ini merupakan gabungan dari kendaraan Grandong yang mempunyai fungsi menggerakkan alat produksi pertanian serta mobil pick up yang mempunyai fungsi sebagai pengangkut barang. Pada mobil Grandong biasanya terjadi masalah pada desain karena kenyataan yang ada bahwa mobil tersebut tidak menggunakan standar keselamatan dan tidak memperhitungkan kekuatan kontruksi kendaraan tersebut, sehingga sering terjadi kegagalan yang menimbulkan kecelakaan. Fakta bahwa kendaraan multiguna sangat diperlukan, agar proses produksi pertanian dapat meningkat dan dapat mengurangi banyak biaya yang terjadi dari mulai proses penggilingan padi hingga proses penyimpanan padi digudang. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan analisis terhadap karakteristik traksi maka referensi yang digunakan yaitu kendaraan WAPRODES. Untuk itu dibutuhkan perhitungan untuk pemilihan mesin yang cocok dengan metode perbandingan, selanjutnya perhitungan terhadap rasio transmisi menggunakan progresi geometris, lalu perhitungan aliran daya pada sistem powertrain, lalu penyesuaian karakter antara mesin dan transmisi, dilakukan perhitungan indicator performance pada kendaraan termasuk kecepatan, percepatan, dan gradability, pemilihan penggerak 2WD serta analisis slip, dan pemilihan komposisi distribusi traksi untuk penentuan pada penggerak 4WD. Hasil yang didapatkan pada tugas akhir ini adalah pada saat menempuh medan tanjakan maksimal dan kecepatan maksimal yang diinginkan maka rasio transmisi yang digunakan berturut-turut 5.66, 3.05, 1.65, dan 0.89 untuk rasio gigi 1 sampai 4, sedangkan untuk final drive digunakan rasio bernilai 4.8. Dengan rasio tersebut mobil multiguna pedesaan akan memiliki kemampuan menanjak maksimal gradient jalan 47% dan akselerasi maksimal 3 m/s2. Penggunaan modifikasi sistem transfer case dapat mengintegrasikan antara mode produksi, 2WD, 4WD. Untuk 2WD menggunakan penggerak roda belakang dapat menghasilkan 7957 N ketika kendaraan pada jalan datar. Pada 4WD dilakukan pembagian torsi dengan porsi 45% untuk roda belakang menghasilkan traksi sebesar 3200 N dan 55% untuk penggerak belakang yang dapat menghasilkan traksi 3800 N. ======================================================================================================== WAPRODES car is a multipurpose car because it has three functions that is loads the goods with a maximum capacity of 1500 Kg, run agricultural equipment, and can accommodate eight people. This car is a combination of Grandong vehicles that have the function of running the agricultural production equipment and pickup car that has a function as a carrier of goods. In the Grandong car there is usually have a problem with the design due to the fact that the car does not use safety standards and does not take design to calculate the strength of the construction of the vehicle, so often the failure that caused the accident. The fact that multipurpose vehicles are needed is so that the process of agricultural production can increase and can reduce the many costs that occur from the start of the rice mill process to the storage process of rice in the warehouse. In this final project is includes design and traction characteristic analysis, therefore references used is vehicle WAPRODES. The calculation of the transmission ratio using geometric progression method, then the calculation of power flow in the powertrain system, then the character adjustment between the engine and transmission, the calculation of performance indicators on the vehicle including speed, acceleration, and gradability, 2WD drive selection as well as slip analysis, and selection of traction distribution compositions for determination on 4WD drive. The results obtained in this final project are climbing the maximum incline and maximum speed desired, the transmission ratio used 5.66, 3.05, 1.65, and 0.89 for tooth ratio 1 to 4, while for the final drive used ratio of 4.8. With the ratio of rural multipurpose car will have the ability to climb a maximum of 47% road gradient and maximum acceleration of 3 m/s2. Transfer case modification system can integrate between production mode, 2WD, and 4WD. For 2WD using rear-wheel drive can produce 7957 N when the vehicle is on a flat road. In 4WD, the distribution of torque with a 45% portion for the rear wheels produces traction of 3200 N and 55% for rear drive can generate 3800 N.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Rah p-1 3100018075013
Uncontrolled Keywords: Chasiss, Indicator Performance, Karakteristik Traksi, Pemilihan rasio, Penyesuaian Karakter Mesin dan Transmisi, WAPRODES.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Radian Fauzia Rahman
Date Deposited: 13 Apr 2020 07:54
Last Modified: 10 Sep 2020 06:15
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/50479

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item