Rencana Pemanfaatan Waduk Promenade Untuk Air Baku Tanaman Dan Pengendalian Banjir Di Kawasan Citraland, Kota Surabaya

Nugraha, Aditya Eka Surya (2018) Rencana Pemanfaatan Waduk Promenade Untuk Air Baku Tanaman Dan Pengendalian Banjir Di Kawasan Citraland, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116040533_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3116040533_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan saluran outlet Waduk Promenade yang tidak mampu menampung debit limpasan air keluar dari Waduk Promenade yang memiliki debit aliran outflow sebesar 10,325 m3/detik dan saluran outlet hanya mampu menampung tidak lebih dari itu, yaitu rata-rata sebesar 2 m3/detik sampai 7 m3/detik. Sehingga akibat kondisi saluran outlet yang tidak dapat menampung ini, mengakibatkan air outflow dari Waduk Promenade yang mengalir ke saluran outlet ini meluap, menggenangi Kampung Lidah-Kulon. Dan juga kurangnya pemanfaatan dari Waduk Promenade yang memliki tampungan yang cukup besar untuk dimanfaatkan keberadaannya lebih jauh, seperti untuk memenuhi kebutuhan air baku untuk penyiraman tanaman pada taman-taman di Kawasan Citraland.
Dalam perencanaan waduk dan saluran drainase di dalam Kawasan Citraland, Kota Surabaya ini dilakukan 2 analisa, yaitu analisa hidrologi dan analisa hidrolika. Dimana analisa hidrologi untuk menghitung curah hujan rencana, dan sementara analisa hidrolika untuk perencanaan lanjutan waduk dan drainase, baik dari perenccanaan dimensi spillway waduk dan juga saluran outlet waduk. Dalam mencari, menemukan dan memberi solusi dari permasalahan di Kawasan Citraland ini adalah dengan melakukan pengolahan data hidrologi dan data hidrolika dengan melakuakn routing waduk dan juga menghitung debit full bank capacity dari tiap saluran, kemudian membandingkan debit rencana dengan perhitungan dimensi hidrolik dari tiap-tiap saluran kemudian ditemukan permasalahan dari solusi kurangnya pemanfaatan dari Waduk Promenade dan saluran outlet-nya yang mengalami ketidakmapuan menampung debit outflow dari Waduk Promenade tersebut.
Sehubungan dengan hal yang melatarbelakangi permasalahan atas kurangnya pemanfaatan dari Waduk Promenade yang bisa digunakan sebagai kawasan penyedia air baku untuk penyiraman tanaman pada taman-taman yang dari hasil pehitungan sangat mampu memenuhi kebutuhan air baku untuk penyiraman tanaman sebesar 632,04 m3 dengan total luas taman penyiraman sebesar 31.602 m2, yang dari penyiraman eksisting sebelumnya menggunakan air PDAM lebih besar yaitu 750 m3 dengan luasan penyiraman yang sama. Juga permasalahan di saluran outlet dari Waduk Promenade di kawasan Citraland, Kota Surabaya ini yang tidak lain dan tidak bukan adalah karena kondisi tidak mampunya saluran outlet untuk menampung debit outflow dari waduk. Maka perlu dilakukan redesign saluran outlet Waduk Promenade yang sebelumnya berupa pasangan batu, box culvert dan juga saluran tanah diganti dengan u-ditch ukuran 200x200. Dan harapannya untuk para stakeholder baik dari pihak warga Kampung Lidah-Kulon maupun pihak pengelola Citraland itu sendiri agar selalu memiliki kesadaran diri untuk merawat dan mengelola saluran outlet ini demi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan untuk kedepannya.
====================================================================================================================
This research is motivated by the problem of outlet channel of Promenade Reservoir which can not accommodate the discharge water discharge out from Promenade Reservoir which has outflow flow discharge of 10,325 m3 / sec and outlet channel only floats no more than that, that is average of 2 m3 / sec up to 7 m3 / sec. So that due to the condition of outlet channels that can not accommodate this, resulting in outflow water from the Promenade Reservoir that flows into the outlet channel overflows, inundating Kampung Lidah-Kulon. And also the lack of utilization of the Promenade Reservoir that has a large enough to be utilized further existence, such as to meet the needs of raw water for planting plants in the parks in Citraland area.
In planning of reservoir and drainage channel inside Citraland area, Surabaya City is done 2 analysis, that is hydrology analysis and hydraulics analysis. Where is the hydrological analysis to calculate the rainfall plan, and while hydraulic analysis for further planning of reservoir and drainage, both from the spillway dimension of the reservoir and also the outlet channel of the reservoir. In searching, finding and solving problems in Citraland area is by doing hydrological data processing and hydraulic data by conducting reservoir routing and also calculating the full bank capacity discharge from each channel, then compare the plan debit by calculating the hydraulic dimension of each channel then found problems from the solution of the lack of utilization of the Promenade Reservoir and its outlet channels that experienced an inability to accommodate the outflow discharge from the Promenade Reservoir.
In relation to the background of the problem of the lack of utilization of the Promenade Reservoir that can be used as a standard water supply area for the watering of plants in the parks from the calculation result is very able to meet the raw water needs for watering plants of 632.04 m3 with the total area of the watering garden of 31,602 m2, which from previous existing watering using water of larger PDAM that is 750 m3 with equal watering area. Also problem in outlet channel from Promenade Reservoir in Citraland area, Surabaya City which is none other than is not because of condition of not able to channel outlet to accommodate outflow discharge from reservoir. It is necessary to redesign the outlet channel of the previous Promenade Reservoir in the form of stone pairs, culvert boxes and also ground channels replaced with 200x200 u-ditch sizes. And hope for the stakeholders both from the Kampung Lidah-Kulon residents and the managers of Citraland itself to always have self-awareness to care and manage outlet channels in order to prevent the occurrence of undesirable for the future.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 627.86 Nug r-1 3100018075072
Uncontrolled Keywords: Waduk Promenade; Saluran; outlet; spillway; routing; u-ditch; full bank capacity; stakeholder.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB1197.7 Groundwater flow. Reservoirs
Q Science
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4
Depositing User: Aditya eka surya nugraha
Date Deposited: 25 Jan 2018 08:47
Last Modified: 21 Sep 2020 04:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50569

Actions (login required)

View Item View Item