Pemodelan Mitigasi Bencana Tsunami Di Pantai Losari

Natsir, Andi Mega Mustika (2018) Pemodelan Mitigasi Bencana Tsunami Di Pantai Losari. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Thesis Andi Mega Mustika Natsir 04111550052002.pdf]
Preview
Text
Thesis Andi Mega Mustika Natsir 04111550052002.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pantai Losari yang merupakan salah satu waterfront dan pusat perindustrian dan pertokoan dari Kota Makassar, juga merupakan pantai yang secara langsung berhadapan dengan bagian Selatan dari Selat Makassar. namun juga cukup riskan untuk mendapatkan ancaman tsunami dari kegiatan seismik di Selat Makassar bagian Selatan. Tsunami terjadi pada dasarnya akibat bergeraknya patahan/rekahan vertikal memanjang kerak bumi sehingga air laut terhisap masuk dalam patahan dan kemudian terlempar kembali setelah patahan mencapai keseimbangan. Olehnya sebagai tindakan preventif, diperlukan rancangan mitigasi bencana tsunami terutama di lokasi pantai Losari Makassar yang di harapkan dapat menghasilkan sesuatu hasil positif bagi pembangunan dan keselamatan serta dapat mengurangi kerugian besar disekitar wilayah pantai Losari yang akan rawan tsunami. Penelitian ini menyajikan metode numerik yang digunakan untuk melihat penjalaran tsunami di Pantai Losari dengan menggunakan perangkat lunak SiTProS yang digunakan untuk menciptakan peta penjalaran tsunami dalam menghadapi berbagai skenario gempa. Kesuksesan mitigasi tsunami yang akan datang tergantung pada pemodelan tsunami untuk setiap daerah pesisir di Pulau Sulawesi itu sendiri. Hasil penelitian dalam bentuk skema mitigasi tsunami akan secara khusus berlaku untuk daerah yang bersangkutan dan pada akhirnya akan memudahkan proses evakuasi bencana tsunami yang akan datang di daerah tersebut.============== Losari Beach is one of the waterfront and industrial and shopping centers of Makassar City. It also a beach that directly face to face with the southern part of Makassar Strait. This makes Losari Beach also quite risky to get the threat of a tsunami from the seismic activity in the southern part of Makassar Strait. Tsunami occurs due to sea water sucked into fault or vertical fissures on undersea crust and then thrown back after fracturing achieved balance condition. As a preventive action, the tsunami disaster mitigation design is needed especially in Losari beach of Makassar. We expected this study may produce positive results for the construction and safety in Losari Beach area that prone to tsunamis. This works presented the numerical method used to simulate and to see tsunami propagation on Losari beach. SiTProS software was used to create the mapping of tsunami propagation with a variety of earthquake scenarios. The successful rate of tsunami mitigation will depend on tsunami modeling for each coastal region on the island of Sulawesi itself. Research results in the form of tsunami mitigation schemes will specifically apply to certain area. It will ultimately facilitate the process of evacuation to tsunami disaster prevention in that area.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 551.470 24 Nat p-1
Uncontrolled Keywords: penjalaran; run up; inundasi; SiTPros; evakuasi; propagation; run up; inundation; SiTProS; evacuation
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GC Oceanography
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD171.75 Climate change mitigation
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Andi Mega Mustika Natsir
Date Deposited: 19 Apr 2018 02:45
Last Modified: 24 Jun 2020 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50854

Actions (login required)

View Item View Item