Analisa Dampak Putaran U-Turn Tunggal Tanpa Median Kondisi Tidak Terlindung Terhadap Ruas Jalan Raya Duduksampeyan Kota Gresik

Purwanto, Husaini Bagus (2018) Analisa Dampak Putaran U-Turn Tunggal Tanpa Median Kondisi Tidak Terlindung Terhadap Ruas Jalan Raya Duduksampeyan Kota Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111516000033-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111516000033-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kondisi putaran U pada ruas Jalan Raya Duduksampeyan Kota Gresik pada saat ini tidak terlihat bermasalah pada jam – jam biasa, namun pada saat jam puncak terutama jam puncak pagi, siang dan sore ada peluang akan terjadinya antrian kendaraan kerena tidak adanya fasilitas lajur antrian. Permasalahan, bagaimana kinerja putaran U untuk ruas Jalan Raya Duduksampeyan Kota Gresik pada kondisi tidak terlindung. Pada saat ini (2017) hingga 5 tahun kedepan (2022)
Evaluasi putaran U ganda pada kondisi tidak terlindung untuk kondisi saat ini hingga 5 tahun yang akan datang dengan teori antrian. Evaluasi diawali dari pengumpulan data jumlah penduduk dan pertumbuhan jumlah kendaraan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kota Gresik, pengukuran data geometrik jalan, survei volume lalu lintas untuk mengevaluasi kinerja putaran U.
Berdasarkan hasil evaluasi, panjang antrian (Y) saat kondisi putaran U pada kondisi hari selasa dan sabtu lebih kecil dibandingkan pada kondisi hari minggu, dengan Ymax LV = 0,07 m dan Ymax MC = 4,21 m untuk kondisi hari minggu, 12 november 2017. Sedangkan untuk hasil perhitungan 5 tahun kedepan didapat hasil Ymax LV = 0,10 m dan Ymax MC = 21,01 m untuk kondisi hari minggu, 12 november 2022. Bukaan median selebar 17 meter dikatakan mencukupi, karena yang diperlukan hanya 7,8 meter.
=========================================================================================================
The condition of U-turn on Main Road Duduksampeyan Gresik City at this time does not look problematic at the usual hours, but during peak hour, especially peak hour of morning, noon and afternoon there is a chance of queue of vehicle because there is no queue line facility. Problems, How is the analysis of U-turn for Main Road Duduksampeyan Gresik in unprotected condition.
Evaluation of U rotation under unprotected conditions for current conditions up to 5 years to come with queuing theory. Evaluation begins with population data collection and growth in the number of vehicles obtained from the Central Bureau of Statistics of Gresik, measurement of road geometric data, traffic volume surveys to evaluate U-turn performance.
Based on the evaluation result, the queue length (Y) at the condition of the U-turn at tuesday and saturday condition is smaller than in the sunday condition, with Ymax LV = 0,07 m and Ymax MC = 4,21 m for conditions on Sunday, November 12, 2017. As for the results of the calculation of the next 5 years also obtained Ymax LV = 0,10 m and Ymax MC = 21,01 m for conditions on sunday in 2022. The 17-meter wide median is said to be sufficient, as it takes only 7,8 meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 388.413 1 Pur a-1 3100018075236
Uncontrolled Keywords: U turn, capacity, queue length, service level, Ymax, wide median, putaran U, kapasitas, panjang lajur antrian, tingkat pelayanan, bukaan median
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Husaini Bagus Purwanto
Date Deposited: 22 Feb 2018 08:18
Last Modified: 13 Apr 2020 01:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50867

Actions (login required)

View Item View Item