Perancangan Gedung Park & Ride Dengan Strategi Superimposisi

Septiano, Aldila (2018) Perancangan Gedung Park & Ride Dengan Strategi Superimposisi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3214207012-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3214207012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Park & Ride adalah fasilitas penunjang MRT (Mass Rapid Transit) yang berfungsi untuk memakirkan kendaraan bermotor milik pengguna MRT. Di Jl. Meyjend Sungkono kota Surabaya, Park & Ride sudah terbangun dalam bentuk gedung berlantai banyak untuk menunjang MRT yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kota. Namun faktanya gedung Park & Ride di Surabaya masih sepi dari peminat. Permasalahan tersebut disebabkan dari aspek desain gedung yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan desain gedung Park & Ride di negara lain. Kesederhanaan tersebut terlihat dari aktivitas di dalam gedung Park & Ride yang kurang merespon aktivitas pengguna. Ketidakmampuan dalam merespon aktivitas pengguna dapat mengakibatkan fungsi dari gedung Park & Ride tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jika gedung Park & Ride tidak dapat berfungsi dengan baik maka keberlangsungan MRT Surabaya pun tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerinta Kota.
Melihat permasalahan yang ada, maka dari itu diperlukanlah sebuah acuan dalam merancang sebuah gedung Park & Ride untuk kota Surabaya yang kontekstual dan mampu menarik perhatian masyarakat. Desain yang dimaksud adalah yang dapat mengakomodasi aktivitas masyarakat dengan memperhatikan fasilitas-fasilitas disekitar lahan. Desain tersebut dikembangkan menggunakan metode superimposisi dengan menerapkan pendekatan perilaku. Penggunaan metode dan pendekatan bertujuan agar aktivitas masyarakat disekitar lahan dapat diadopsi ke dalam pola ruang gedung Park & Ride.
Berdasarkan hal tersebut perlu adanya analisa tentang perilaku masyarakat dan fasilitas di sekitar dengan menggunakan acuan dari guideline fasilitas Park & Ride (landed), Pra-studi AUMC Surabaya tahun 2013, studi komparasi, serta pengamatan langsung di lapangan. Hasil analisa yang berupa variasi akivitas dan pola ruang dihubungkan dalam satu bangunan (gedung Park & Ride). Sehingga hasil perancangan yang didapat adalah kriteria desain yang kontekstual dalam identifikasi perilaku masyarakat yang merujuk pada pola ruang dan aktivitas di dalam gedung Park & Ride di Surabaya. Desain kontekstual yang dimaksud adalah hubungan antar ruang yang memiliki perbedaan kebutuhan ruang dan pola aktivitas berdasarkan aktivitas masyarakat disekitar.
=========================================================================================================
Park & Ride is a facility that supporting the MRT (Mass Rapid Transit) and serves motorize vehicles owned by MRT users. In Jl. Meyjend Sungkono Surabaya, Park & Ride has been built in formed by multi-storey building for support the MRT. In fact the Park & Ride building is less appealing. The problem is caused from the design aspects of the building is too simple when compared with the design of Park & Ride buildings in other countries. The design could not respond to users activity. The inability to respond user activities may affect the function of Park & Ride building. If the Park & Ride building can not function properly then the sustainability of MRT Surabaya is not as expected by the City Government.
Based on the problems, the Park & Ride need a reference in designing the building which is contextual and able to attract the public's attention. The mentioned design should accommodate the activities of the community with attention to facilities around the land. The design was developed using superimposition method by applying behavioral approach. The use of methods and approaches aims to enable community activities around the land to be adopted into Park & Ride building.
These research analyze the community behavior and facilities by using guideline of Park & Ride facility (Landed), Pre-study of AUMC Surabaya in 2013, comparative study, and direct field observation. The result of analysis is various of activity and spatial pattern that is connected in one building (Park & Ride building). The design criteria in this research isan identification of community behavior that refers to the pattern of space and activity in Park & Ride building in Surabaya. Contextual design that mentioned before, is the relationship between spaces that have different necessary in space and activity patterns based on community activities around.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 725.9 Sep p-1 3100018075127
Uncontrolled Keywords: Surabaya, Park and Ride, superimposisi, perilaku, aktivitas, konfigurasi ruang, superimposition, behaviour, activity, spatial pattern
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA9053 City planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: Aldila Septiano
Date Deposited: 22 Feb 2018 02:40
Last Modified: 12 Apr 2020 23:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50913

Actions (login required)

View Item View Item