Pengaruh Massa Bangunan dan Pola Bayangan Terhadap Kondisi Termal Ruang Luar Bangunan Apartemen di Surabaya

Beatrice, Iris Sean (2018) Pengaruh Massa Bangunan dan Pola Bayangan Terhadap Kondisi Termal Ruang Luar Bangunan Apartemen di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3212204903-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3212204903-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bangunan memiliki peran sebagai penyerap dan pemantul panas yang dapat meningkatkan temperatur serta sebagai pembentuk pembayangan dalam menurunkan temperatur udara dalam suatu lingkungan perkotaan, dimana jumlah radiasi matahari langsung di ruang luar dipengaruhi oleh geometri permukaan karena geometri permukaan menentukan pembayangan yang tebentuk di ruang terbuka. Bangunan apartemen adalah salah satu desain bangunan tinggi berkonfigurasi yang membentuk ruang luar. Konfigurasi ini memiliki potensi membentuk pembayangan pada lingkungan di sekitarnya yang mampu menurunkan suhu permukaan dan penyebaran radiasi panas apabila konfigurasi massa bangunan tersebut diarahkan dan ditata dengan pertimbangan bentuk baik bangunan, rancangan tapak dan orientasi fasadnya. Namun, sejauh mana pengaruh penataan massa bangunan apartemen dengan pola pembayangan yang dihasilkannya terhadap kondisi termal di ruang luar, perlu dikaji melalui model konfigurasi massa bangunan serta pembayangan sehingga tercipta kondisi termal ruang luar yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konfigurasi bangunan apartemen terhadap lingkungan termal luarnya melalui metode eksperimen dengan menggunakan bantuan simulasi software ENVI-met 4. Permodelan dilakukan dengan mengambil beberapa bentuk tipologi apartemen yang sudah ada dengan memberikan perlakuan pada rasio tinggi dan lebar antar bangunan (H/W) serta orientasi dan konfigurasi rancangan tapaknya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan antara massa bangunan dan pola bayangan yang dihasilkannya terhadap kondisi termal di ruang luar apartemen. Penurunan suhu di ruang luar apartemen dengan perubahan geometri bangunan pola bujur sangkar lebih efektif dibanding pola pararel, dengan rasio H/W yang memberikan hasil yang signifikan dengan nilai H/W=6 pada orientasi Utara-Selatan. =========== Buildings may respond and give different roles in urban environment. For instant, buildings not only contribute as radiation absorber and heat reflector which increase the air temperature, but also the building can be as shading generator to decrease the air temperature. Apartment is one of high-rise buildings that forming the outdoor environtment. The configuration of this apartment may have potential to generated shading on
the outdoor that can reduce the temperature and heat
radiation when the mass configuration of buildings are
directed and organized by considering the shape of building, site design, and the orientation of building facade. Therefore, it is necessary to study how much the influence of configuration mass geometry as well as shading model to thermal outdoor. This study will exam
ine the relationship between configuration of the apart
ment building and shading towards outdoor thermal through experimental methods using simulation of ENVI-met 4 as the key sofware. The modelling is done by taking some
typology form existing apartment that will be conditioned with height and width ratio between buildings (H/W) as well as the orientation and configuration of the site.
The results of this study indicate the relationship between mass building along with shading pattern
stowards the thermal condition on the outdoor apartment. The temperature reduced on outdoor apartment is more eff
ective on building geometry with square patterns than parallel patterns, along with H/W ratio that give significant results on H/W = 6 with North-South orientation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 728.314 Bea p
Uncontrolled Keywords: Apartemen; Pembayangan; Permodelan; Rasio H/W; Termal Ruang Luar; apartment; h/w ratio; modelling; outdoor thermal; shading.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD1391 Apartment houses
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT166 City Planning--Environmental aspects
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Iris Sean Beatrice
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:11
Last Modified: 20 Jul 2020 03:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51046

Actions (login required)

View Item View Item