Analisis Unjuk Kerja Turbin Francis Dengan Variasi Kapasitas Di Pt Pjb Unit Pembangkitan Brantas Unit Plta Sutami

Agustanto, Ryan Amadea (2018) Analisis Unjuk Kerja Turbin Francis Dengan Variasi Kapasitas Di Pt Pjb Unit Pembangkitan Brantas Unit Plta Sutami. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114030013-Undergraduate_Theses.pdf] Text
2114030013-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada unit pembangkitan listrik tenaga air atau yang biasa dikenal dengan nama PLTA sering mengalami perubahan beban sesuai dengan kebutuhan listrik yang diminta. Perubahan beban kerja pembangkitpun juga akan mempengaruhi efisiensi dari pembangkit. Efisiensi yang berbeda disetiap beban kerja akan berdampak pada perbandingan biaya produksi dan jumlah produksi yang dihasilkan. Dengan mengetahui efisiensi pada tiap beban maka hal ini akan berguna sebagai rekomendasi dalam memilih beban kerja dengan efisiensi paling baik.
Turbin Francis merupakan jenis turbin air yang bekerja dengan memakai proses tekanan lebih. Saat ini turbin Francis adalah yang paling banyak dipakai, karena tinggi air jatuh dan kapasitasnya yang paling sering terdapat/sesuai dengan kebutuhannya. Turbin Francis yang dijadikan Tugas Akhir ini terdapat di PLTA Sutami, PJB UP Brantas Karangkates, Malang yang bekerja dengan tinggi air jatuh antara 100 m-300 m dan dengan kecepatan spesifik antara 100 rpm-200 rpm. Di dalam kinerjanya turbin air memiliki unjuk kerja yang bisa saja naik dan bisa turun. Faktor-faktor yang mempengaruhi unjuk kerja dalam turbin ini, yaitu debit air, head efektif, daya hidrolik, daya turbin dan efisiensi turbin.
Dari hasil perhitungan dan analisa pada turbin Francis ini didapatkan head efektif tertinggi sebesar 98.68 m, daya hidraulis tertinggi sebesar 38.35 MW, daya turbin tertinggi sebesar 23.43 MW dan efisiensi turbin tertinggi sebesar 81.30%. Sehingga diketahui batasan pengoperasian pada turbin Francis agar mencapai efisiensi maksimum.

Kata kunci: turbin Francis, unjuk kerja, variasi kapasitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Ryan Amadea Agustanto
Date Deposited: 03 May 2018 01:59
Last Modified: 03 May 2018 07:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51176

Actions (login required)

View Item View Item