Analisa Sedimentasi Pada Alur Pelayaran Timur, Pelabuhan Tanjung Priok Menggunakan Metode SED-PIT Dan Pengembangannya

Nur Toriq, Riva (2014) Analisa Sedimentasi Pada Alur Pelayaran Timur, Pelabuhan Tanjung Priok Menggunakan Metode SED-PIT Dan Pengembangannya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4311100016-Undergraduate Thesis.pdf] Text
4311100016-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tanjung Priok merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia yang terletak di
pantai utara kota Jakarta. Dibawah manajemen PT Pelabuhan Indonesia II,
pelabuhan tersebut menangani lebih dari 30% kargo non oil and gas serta sekitar
50% kargo umum yang keluar dan masuk ke Indonesia. Sebagai upaya
meningkatkan kinerja Pelabuhan Tanjung Priok, Terminal Kalibaru seluas 172 ha
akan dibangun dan diperkirakan selesai pada tahun 2015. Dalam rangka
memenuhi kebutuhan lalu lintas kapal terminal Kalibaru, Alur Pelayaran Timur
Tanjung Priok, (APTTP) akan direvitalisasi. Kegiatan tersebut akan
membutuhkan analisa sedimentasi yang akurat guna menyusun rencana
pengerukan alur pelayaran tersebut. Pada tugas akhir ini analisa volume
sedimentasi dilakukan dengan metode Overlay, SED-PIT dan modifikasi SEDPIT.
Sedimentasi terbesar terjadi pada segmen CG periode Mei-Des yaitu sebesar
6.006 m3/bulan untuk metode Overlay, untuk metode SED-PIT pada segmen BF
sebesar 4.103 m3/bulan dan untuk metode modifikasi SED-PIT di segmen BF
sebesar 4.292 m3/bulan. Besar nilai eror yang di dapat dari pengerjaan ini
bervariasi antara 25-36 % untuk overlay dengan metode SED-PIT dan 18-33 %
untuk metode overlay dengan modifikasi SED-PIT. Sedangkan selisih dari pada
kedua nilai metode tersebut rata-rata adalah 4% lebih kecil untuk overlay dengan
metode modifikasi rumus SED-PIT.
=======================================================================================================
Tanjung Priok Port is the busiest port in West Indonesia under The
management of Pelabuhan Indonesia II holding the responsibilities to take a
handle of 30% non oil and gas and about 50% of general cargo that which are
transported over indonesia’s sea. Kalibaru Terminal which have 172 ha of area
will be built as an effort to increase The Tanjung Priok Port’s performance. Due
to need of ship traffic’s capabilities of Kalibaru Terminal, The east area of ship
traffic of Tanjung Priok Port will be revitalized. The revitalizing action needs high
accurancy of complete sedimentation analysis to arrange the dredging plan for
ship traffic area. In this paper, the volume of dredging sedimentation will be
analyzed with Overlay Method, SED-PIT and SED-PIT modification. The Result
of analysis obtained that the largest sedimentation number’s occured at CG
segment of May-Dec period is 6.006 m3/month using Overlay Method while each
of the result of SED-PIT method of BF’s segment and SED-PIT modification
method are 4.103 m3/month and 4.292 m3/month. In the las result of this paper
found the number of error is variated 25-36% for overlay using SED-PIT method
and 18-33% for overlay using SED-PIT modification while the average margin
between both of the result is 4% smaller than overlay using SED-PIT modification
method.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.303 Tor a
Uncontrolled Keywords: sedimentasi, Overlay, SED-PIT
Subjects: Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport. Erosion.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Feb 2018 06:40
Last Modified: 15 Feb 2018 06:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51284

Actions (login required)

View Item View Item