Augmented Reality Simulasi Permainan Bola Berbasis Smart Terrain

Setiawan, Pondra (2016) Augmented Reality Simulasi Permainan Bola Berbasis Smart Terrain. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2210100198-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2210100198-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Augmented Reality merupakan salah satu teknologi yang populer
dan banyak di kembangkan diberbagai bidang. Salah satunya ialah pada
dunia game dimana dengan menggunakan sebuah marker tertentu dapat
menampilkan objek virtual permainan diatas layar nyata secara real time.
Perkembangan augmented reality ini berlanjut hingga era smart terrain,
dimana marker hanya dibutuhkan saat inisialisasi awal saja. Dengan
teknologi smart terrain, objek-objek yang berada pada lingkungan nyata
dikenali secara dinamis dan objek tersebut akan digantikan dengan model
virtual. Pada tugas akhir ini akan diajukan suatu permainan bola interaktif
yang berbasis smart terrain, dimana pengguna dapat secara bebas
mengatur area permainan itu sendiri. Metode yang digunakan pada sistem
untuk mendeteksi objek permainan adalah dengan menggunakan
teknologi smart terrain yang dikembangkan oleh vuforia. Dengan fitur
rekognisi objek yang dimiliki oleh teknologi smart terrain akan membuat
permainan yang dimainkan unik, berbeda-beda setiap kali dimainkan.
Selain itu, dengan fitur smart terrain akan berbeda dengan game pada
umumnya yang terbatas pada salah satu sisi sudut pandang permainan,
tetapi juga pengguna dapat melihat sisi sudut pandang lain pada
permainan sehingga seakan-akan pengguna berinteraksi secara langsung
dengan permainan yang akan dimainkan. Dari pengujian yang dilakukan
diperoleh hasil bahwa rekonstruksi objek nyata memiliki rasio
perbandingan volume hingga 94.86% dari ukuran objek sesungguhnya.
====================================================================================================
Augmented Reality is one of the popular technology which being
developed in various fields. One of the field is on gaming world where a
marker can be used for visualizing virtual objects over real world
surrounding on realtime manner. The development of augmented reality
is continue to smart terrain era, a marker only used once for initiating the
application. Based on smart terrain technology, real world objects can be
recognized dynamically and replaced with virtual models. This final
project is expected to provide a solution to apply an interactive ball games
based on smart terrain method, where user can freely compose the game
scene. The method used to recognizing real world object is smart terrain
which is currently developed by Vuforia. With objects recognition based
on smart terrain, we can make every game we play completely unique.
Another advantage of smart terrain feature is user can view the games on
all angles, different with any common games that can only be viewed at
specific side. Hence, makes user seems to interact directly with the game
that will be played. Based on the test result to reconstruct real world,
objects that being reconstructed have volume percentage ratio up to
94.86% from real world dimension.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 006.6 Set a
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Smart terrain, Game
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Mar 2018 03:21
Last Modified: 27 Dec 2018 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51434

Actions (login required)

View Item View Item