Rancang Bangun Module Kendali Arah Pada Prototype Kapal Perang Kelas Sigma Menggunakan Metode Pd Berbasis Arduino

Hastiningrat, Muhammad (2014) Rancang Bangun Module Kendali Arah Pada Prototype Kapal Perang Kelas Sigma Menggunakan Metode Pd Berbasis Arduino. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2411031014-Non Degree.pdf] Text
2411031014-Non Degree.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah pesat, termasuk dalam bidang militer yang membutuhkan perlengkapan yang canggih untuk menjalankan tugasnya dalam mengamankan dan mempertahankan negara. Pelayarannya yang menjangkau jarak/ lintasan yang sangat panjang membutuhkan sistem yang secara otomatis mampu berfungsi sebagai autopilot yaitu menahan arah kapal yang diinginkan dengan rudder sebagai aktuator. Sehingga dalam menempuh jarak/lintasan patroli sesuai dengan ketentuan tugas yang diberikan untuk mengamankan dan mempertahankan negara. Karena itu pengembangan sistem pada kapal perang kelas sigma perlu ditingkatkan untuk menunjang kinerja kapal perang kelas sigma itu sendiri,terutama dalam sistem kontrol arah untuk gerak kapal agar kapal dapat berjalan sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan. Dalam penelitian ini dirancang sistem kendali PD (Proporsional derivatif) untuk pengendali arah, dan pengendali PD menunjukan kemampuan yang baik saat uji di open water.
=======================================================================================================
Technology expansion to fast, event a military need super weapon for finish command to commit our country. Voyage for through long route need automatic system for autopilot maneuver is a keep ship direction like instruction use rudder. With the result that for through patrol route for commit our country. Because of that system development of war ship sigma class should be intensive for support ship activity in order to commit our country, especially in control system of direction for ship maneuver in order ship can move as route command. One of development ship direction control can do to apply PD method to keep stability control system on the ship that have effect about ship maneuver as soon as..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSF 629.8 Has r
Uncontrolled Keywords: Kapal, Autopilot, kontrol PD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > (D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Mar 2018 03:54
Last Modified: 09 Mar 2018 03:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51494

Actions (login required)

View Item View Item