Pengaruh Gelombang Dan Arus Laut Terhadap Stabilitas Statis Kabel Listrik Bawah Laut

Eko, Yanri S (2000) Pengaruh Gelombang Dan Arus Laut Terhadap Stabilitas Statis Kabel Listrik Bawah Laut. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100022-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4394100022-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penyebab terputusnya kabel bawah laut di Selai Madura dapat disebabkan alelí kabel yang dipasang tidak stabil. Kestabilan tersebut dapat diuraikan menjadi dua yaitu arah lateral dan arah vertikal. Stabilitas arah lateral dipengaruhi oleh gaya-gaya hidrodinamis yang bekerja akibat adanya gelombang laut dan arus pasng-surul. I)i daerah Selat Madura, beban lingkungan akibat arus pasang-surut lebili dominan dibanding yang diakibatkan oleh gelombang laut. Daerah analisa dibagi menjadi 4 zone yaitu zone I . zone II, zone UI, dan zone IV. Pembagian tersebut berdasar data arus pasang-surut dan diameter butiran yang ada. Sedangkan stabilitas arah vertikal dipengaruhi oleli interaksi antara kabel dengan tanah dasar laut. Dengan mengacu kepada peraturan DnV (1996) tentang stabilitas pipa bawah laut, maka pada zone I, zone II, zone III dan zone IV, kabel laut dalam keadaan stabil. Untuk metode proteksi terhadap kemungkinan terjadinya scouring adalah dengan metode rock cover vang mempergunakan dua lapisan inverse filter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 621.319 34 Eko p
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 13 Mar 2018 08:13
Last Modified: 13 Mar 2018 08:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51522

Actions (login required)

View Item View Item