Pembuatan Diagram Peluncuran End Launching Kapal Dibantu Komputer

Budisusilo, Purwanto (2000) Pembuatan Diagram Peluncuran End Launching Kapal Dibantu Komputer. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4194100015-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4194100015-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Peluncuran {launching) adalah proses menurunkan kapal dari landasan peluncur ke permukaan air dengan menggunakan gaya berat atau dengan memberikan gaya dorong tambahan yang bekerja pada bidang miring Perhitungan peluncuran ini diperlukan untuk menghindari kapal dari kondisi- kondisi kritis seperti tipping, dropping dan stern lift.
Secara tradisional, perhitungan peluncuran biasanya dibuat secara manual dan membutuhkan waktu relatif lama Oleh karena itu seiring dengan kemajuan teknologi, aplikasi komputer dibuat untuk mempermudah dan mempercepat pelaksanaan perhitungan dan menampilkan diagram peluncuran Dalam Tugas Akhir ini perhitungan peluncuran yang dilakukan adalah berdasarkan jenis peluncuran memanjang {end launching) Pembuatan kurva-kurva dalam diagram peluncuran yang ada menggunakan metode interpolasi cubic spline. Prediksi penentuan berat kapal saat kapal diluncurkan dihitung dengan menggunakan pendekatan Lloyd Register "64. Data-data kapal dan perhitungan displasemen kapal yang dipergunakan dalam aplikasi ini adalah dari penelitian yang dilakukan sebelumnya
Manfaat yang bisa diambil dari program ini adalah efisiensi waktu, otomatisasi pembacaan kurva-kurva Lloyd Register '64, keakurasian perhitungan dan pembuatan gambar lebih teliti, tingkat produksi gambarnya lebih cepat, tidak memerlukan pengulangan gambar, bentuk kurva lebih baik dan lebih rapi, file input dapat disimpan, dan tidak memerlukan pengembangan besar dari diagram peluncuran yang ditampilkan.
============================================================================================
Launching is a descending process from a slip way to water front using weight force or giving additional force that acts on a skewed plane The calculation of this process is needed to avoid critical conditions on the ship, such as tipping, dropping and stern lift.
Traditionally, the calculation of launching process is made manually and time consuming As the advanced development of computer and information technology, computer application is made to simplify and accelerate the calculation and to present the launching diagram In this Final Project, the launching calculation based on end launching type Cubic spline interpolation method is used to build the curves in the diagram Weight of the ship is calculated using Lloyd Register 64 Ship data and displacement calculation are provided previous research
The advantages of this program are time efficiency, automation of Lloyd Register 64 curves reading process, accurate calculation and better detail of images production, faster and no more redrawing of the same images, tidy and better curve shape, saveable file input, and the capability to produce many scales of the launching diagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.83 Bud p
Uncontrolled Keywords: Diagram peluncuran, kapal, End launching, Ship
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 19 Mar 2018 05:25
Last Modified: 21 Mar 2018 04:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51564

Actions (login required)

View Item View Item