Studi Pengaruh Keberadaan Riser Terhadap Respon Anjungan Temsion Leg Platform Dalam Arah Surge, Heave, Dan Pitch

Praja, Dzulfikri Ahmad Arya (2004) Studi Pengaruh Keberadaan Riser Terhadap Respon Anjungan Temsion Leg Platform Dalam Arah Surge, Heave, Dan Pitch. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4399100056-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
4399100056-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Keberadaan komponen riser dalam platform TLP berpengaruh dalam respon dinamis dari platform TLP tersebut, kondisi ini dibuktikan dengan adanya perbedaan respon dinamis dari platform pada kondisi riser beroperasi 24 riser dibandingkan dengan riser beroperasi 12 riser dan tanpa riser. Sebagai studi kasus digunakan platform TLP West-Seno milik UNOCAL yang beroperasi di perairan Selat Makasar dengan kedalaman ± 975 m. Dalam Tugas Akhir ini dilakukan pemodelan platform TLP 2-D (dua dimensi) dengan bantuan software MSC Nastran for Windows, kemudian dilakukan analisa pembebanan terhadap model platform sehingga didapatkan gaya tarik awal dari tether dan riser, sehingga diharapkan model platform tersebut merepresentasikan kondisi sebenarnya dari TLP pada saat beroperasi di perairan Makasar.
Model platform kemudian dikenai beban gelombang yang didapat perhitungan spektrum beban gelombang pada arah Surge, Heave, dan Pitch. Sehingga pada akhirnya dengan bantuan Software MSC Nastran for Windows didapatkan spectrum respon displacemen (untuk mengetahui perilaku dinamis platform TLP) pada kondisi beroperasi dengan 24 riser dan beroperasi 12 riser maupun kondisi tanpa riser.
Keberadaan riser berpengaruh terhadap besarnya respon displacemen platform TLP, hal ini dibuktikan dengan semakin kecilnya respon displacemen pada saat jumlah riser yang beroperasi ditambah, untuk kondisi storm sebesar 0,006 m pada arah surge beroperasi dengan 12 riser dan 0,0331 m pada saat beroperasi 24 riser dan 0,0968 pada kondisi tanpa riser. Selain itu variasi kondisi lingkungan yaitu storm dan operasional berpengaruh terhadap besarnya respon yang terjadi, tetapi frekuensi respon puncak terjadi pada frekuensi yang sama pada arah Surge, Heave, dan Pitch.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Pra s
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Mar 2018 03:30
Last Modified: 20 Mar 2018 03:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51576

Actions (login required)

View Item View Item