Pemilihan Sumber Daya Manusia (SDM) Berdasarkan Kualifikasi Yang Dimilikinya Dengan Menggunakan Metode Analitical Hierarchy Process

Wicaksono, Bambang Arief (2005) Pemilihan Sumber Daya Manusia (SDM) Berdasarkan Kualifikasi Yang Dimilikinya Dengan Menggunakan Metode Analitical Hierarchy Process. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5201100025-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
5201100025-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan manajemen sumber daya manusia dengan baik agar performance organisasi meningkat. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di Surabaya. Dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswanya, FK UNAIR sering menyelenggarakan kegiatan tambahan yang berupa seminar atau pelatihan. Dalam pelaksanaan kegiatan, FK UNAIR sering mengalami kesulitan ketika harus menentukan sumber daya manusia. Kesulitan tersebut disebabkan karena sistem informasi FK UNAIR kurang mendukung penyediaan informasi dengan cepat tentang sumber daya manusia yang berkompeten untuk mengisi kegiatan yang diadakan.
Penyelesaian masalah SDM di FK UNAIR dilakukan dengan cara mengumpulkan data kualifikasi SDM. Dari data kualifikasi tersebut, dilakukan survei untuk mencari prioritas dari setiap kualifikasi. Data hasil survei akan dijadikan sebagai masukan dalam proses AHP. Hasil analisis dari proses AHP akan menghasilkan bobot atau nilai untuk setiap jenis kualifikasi SDM sesuai dengan posisi yang diinginkan oleh pengguna. Bobot atau nilai untuk setiap jenis kualifikasi SDM akan dijadikan acuan untuk menentukan SDM yang cocok untuk memenuhi posisi yang dicari oleh pengguna. Aplikasi yang dikembangkan memiliki kemampuan untuk menampilkan peringkat SDM sesuai dengan bobot klasifikasi sebagai hasil analisis AHP.
Tugas akhir ini menghasilkan perangkat lunak (Expert Browser) yang mampu menangani pencarian SDM FK UNAIR sesuai dengan parameter yang dimasukkan, dan memberikan hasil pencarian berupa peringkat SDM. Sehingga, dengan adanya Expert Browser, maka pencarian terhadap SDM FK UNAIR bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan menghasilkan informasi yang akurat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.12 Wic p
Uncontrolled Keywords: Expert Browser, Pemilihan Sumber Daya Manusia
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Mar 2018 04:02
Last Modified: 22 Mar 2018 04:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51606

Actions (login required)

View Item View Item